Populasi Dunia Meningkat, SBY Ingatkan APEC Ketahanan Pangan

  • Ekonomi
  • 0
  • 06 Okt 2013 11:30
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan APEC untuk memprioritaskan ketahanan pangan dan energi, seiring jumlah populasi dunia, khususnya di negara-negara kawasan Asia Pasifik terus meningkat.

Menurut Presiden SBY, hal tersebut merupakan salah satu tantangan  baru yang menghadang negara-negara APEC.

"Populasi global berkembang dari 5,5 miliar jiwa pada 1994 menjadi lebih dari 7 miliar saat ini, dan peningkatan populasi tersebut di dominasi masyarakat kawasan Asia Pasifik," ujar SBY saat membuka acara APEC CEO Summit 2013 di Bali International Convention Center (BICC), Minggu, (6/10/2013).

Menurutnya, jumlah tersebut diprediksi terus meningkat pesat hingga beberapa tahun ke depan. Dengan begitu, masyarakat dimungkinkan berhadapan dengan kesulitan pangan dan energi.

"2045 nanti, populasi masyarakat dunia akan mencapai jumlah 9 miliar jiwa. Hal ini dapat menjadi kendala untuk pasokan energi, makanan dan minuman untuk masyarakat di kawasan Asia Pasifik" ungkap SBY.

Namun para pemimpin APEC tak akan bisa memperoleh ketahanan pangan tanpa memastikan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi APEC berjalan dengan baik.

SBY menuturkan, APEC harus fokus pada pendekatan terhadap para pemegang saham, peningkatan daya saing usaha kecil menengah/UKM global lewat inovasi dan meningkatkan peran wanita dalam perekonomian negara.

"Maka penting juga untuk menguatkan keamanan pangan dan meningkatkan akses untuk memperoleh jaminan kesehatan," ujarnya. (Sis/Amh)

(Irna Gustiawati)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler