Sukses

Tenang! BI Rate Tetap, Bunga KPR Dijamin Aman

Rapat Dewan Gubernur (RDG) menetapkan tingkat suku bunga acuan atau BI Rate tetap dipertahankan pada level 7,25%. Dampaknya apa?.

Bank Indonesia (BI) kemarin menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) dengan hasil bahwa tingkat suku bunga acuan atau BI Rate tetap dipertahankan pada level 7,25%.

Tidak hanya itu, landing fasility juga terjaga di 7,25% serta Deposit Fasility Bank Indonesia (Fasbi) di 5,5%.

Chief Econom PT Bank Tabungan Negara (BTN) A Prasetyantoko menilai dengan adanya keputusan BI ini maka suku bunga perbankan di sektor konsumer yang salah satunya adalah kredit pemilikan rumah (KPR) juga akan tetap bertahan.

"(Bunga) Aman, sudah naik karena efek kenaikan BI rate yang lalu," ungkap dia kepada Liputan6.com, Rabu (9/10/2013).

Peryataan Prasetyantoko ini diungkapkan berdasarkan hasil prediksi dirinya mengenai BI Rate yang dalam RDG akan tetap mempertahankan BI Rate nya.

"Seperti dugaan saya, ditahan di 7,25%, mengingat inflasi sudah relatif rendah, kurs relatif stabil dan trade balance juga membaik,"paparnya.

Dengan hal ini otomatis akan membuat BTN sebagai bank yang memiliki spesialis KPR ini mampu memenuhi target pertumbuhan KPRnya hingga akhir tahun 2013.

BTN menargetkan pertumbuhan kredit di kisaran angka 21 sampai 23% hingga akhir 2013. Pernyataannya tersebut seiring dengan penyesuaian atas kondisi perekonomian yang sedikit melambat.

Hingga bulan September 2013 pertumbuhan kredit BTN sebesar 25,4% dengan total outstanding kredit BTN sendiri telah mencapai Rp 96,01 triliun. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.