Sukses

Hasil Riset Bahana Securities Bakal Mendunia

PT Bahana Securities, menjalin aliansi bisnis dengan Daiwa Securities Group Inc.

PT Bahana Securities, anak usaha PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) di bidang perdagangan efek dan investment banking, menjalin aliansi bisnis dengan Daiwa Securities Group Inc.

Kerjasama mencakup kegiatan pendistribusian laporan riset dan perdagangan saham di pasar sekunder.
Penandatanganan kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak rencananya berlangsung pada 21 Oktober 2013 di Tokyo, Jepang.

Head of Equities & Research Bahana Securities, Harry Su mengatakan, dengan kerja sama tersebut maka informasi maupun riset tentang perusahaan-perusahaan Indonesia akan terdistribusi secara lebih luas ke investor institusi global, khususnya klien-klien Daiwa yang tersebar di 20 negara.

Saat ini riset yang dilakukan Bahana Securities telah mencakup sekitar 85 perusahaan atau 75% dari total kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia dan merupakan perusahaan sekuritas lokal dengan cakupan (coverage) terbanyak.

"Terjalinnya aliansi bisnis ini menunjukkan kepercayaan Daiwa terhadap kemampuan dan pengalaman Bahana di pasar modal Indonesia. Lebih jauh lagi, kerja sama ini merepresentasikan tetap tingginya kepercayaan dan minat asing berinvestasi di Indonesia," ujar Harry dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/10/2013).

Menurut dia, sesuai dengan kesepakatan aliansi bisnis yang ditandatangani, Bahana dan Daiwa akan bekerja sama dalam memasarkan hasil riset mengenai perusahaan-perusahaan Indonesia kepada investor institusi global sekaligus memberikan akses kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Kedua belah pihak juga akan bekerja sama dalam bidang merger dan akuisisi (M&A) yang melibatkan perusahaan-perusahaan Indonesia dan Jepang.

Selain itu, kedua perusahaan juga melakukan kerja sama pemasaran dalam kegiatan penerbitan efek saham maupun surat utang oleh perusahaan Indonesia.  

Sementara itu, Executive Managing Director, Head of Asia & Oceania, Daiwa Securities Group Inc, Tetsuo Akuzawa mengatakan, Daiwa melihat Indonesia sebagai negara di ASEAN  dengan potensi pertumbuhan jangka panjang yang tinggi.

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang cukup aktif  dalam hal investasi langsung baik dari dalam maupun luar negeri.

"Bahana sebagai perusahaan sekuritas yang  sudah dikenal luas di kalangan investor, memiliki keunggulan dalam hal riset saham dan akses ke perusahaan-perusahan Indonesia yang mana hal itu dibutuhkan oleh Daiwa," ungkap Akuzawa.

Dia menambahkan, melalui aliansi dengan Bahana, Daiwa berharap dapat mengembangkan layanan riset sekaligus meningkatkan distribusi lini produk ke investor global.

Dengan memliki akses ke perusahaan di Indonesia, Daiwa juga berharap adanya peningkatan kesepakatan M&A yang melibatkan perusahaan kedua negara serta kerja sama dengan Bahana dalam bisnis penjaminan emisi untuk perusahaan-perusahaan Indonesia.

Sebagai informasi, menurut data Otoritas Jasa Keuangan, nilai emisi efek saham dan obligasi pada 2012 menembus Rp 97,68 triliun.

Adapun sepanjang tahun ini (year to date) nilai penjaminan emisi efek telah mencapai Rp 79,83 triliun dan Bahana Securities menjadi penjamin emisi (termasuk sindikasi) dengan nilai total Rp 16,7 triliun. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini