Sukses

Penjualan Hewan Kurban Tahun Ini Masih Lesu

Jelang Hari Raya Idul Adha, penjual hewan kurban seperti sapi dan kambing mengaku masih belum kebanjiran pembeli.

Jelang Hari Raya Idul Adha, penjual hewan kurban seperti sapi dan kambing mengaku masih belum kebanjiran pembeli. Para penjual hewan kurban musiman ini mengatakan pada H-4 tahun ini, penjualannya tergolong masih sedikit bila dibandingkan tahun lalu.

Seperti diungkapkan oleh Mu'ali (52), penjual sapi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dia mengatakan, hingga saat ini, penjualan sapinya menurun sekitar 30% bila dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu seminggu sebelum Idul Adha saja saya sudah bisa jual 20 ekor sapi, tapi sekarang baru 14 ekor," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Hal senada juga diungkapkan oleh Zainal (45) penjual kambing ditempat yang sama. Sejak mulai berjualan seminggu lalu, dia mengaku pembeli kambingnya belum seramai tahun lalu.

"Tahun ini masih sepi, kalau tahun lalu saya bisa jual sekitar 150 ekor, karena saya kan punya 2 tempat, tapi tahun ini baru laku 52 ekor," katanya.

Menurut dia, rata-rata pembelinya merupakan warga sekitar yang kebanyakan merupakan pemilik usaha, sedang sisanya berasal dari perkantoran.

"Mungkin orang-orang ini usahanya lagi lesu, makanya masih sedikit yang beli. Kan kurban sendiri enggak wajib, kalau yang sudah mampu saja. Atau mungkin yang tahun lalu sudah kurban, tahun ini enggak dulu," jelasnya.

Meskipun demikian, pada sisa hari sebelum hari raya, Zainal berharap jumlah pembeli kambingnya semakin bertambah sehingga tidak banyak kambing yang harus dikembalikan ke peternak.

"Harapan sih besok sama minggu pembelinya ramai, paling enggak bisa mendekati tahun lalu lah penjualannya," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini