Sukses

2% Jatah Bantuan Uang Warga Miskin Tak Diambil

Penyerapan dana bantuan siswa miskin kemungkinan terserap cukup kecil yaitu 35%.

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Agung Laksono optimistis pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap pertama dan tahap kedua bakal mencapai 98%. Sayangnya, Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang diberikan pemerintah diperkirakan hanya tersalurkan 35%.

Meski pembagian BLSM sudah berjalan dengan baik. Agus mengakui akan ada perbaikan data dengan pergantian Kartu Perlindungan Masyarakat (KPS) yang retur selesai akhir Oktober.

"Pemerintah berkeyakinan BLSM tahap pertama dan tahap kedua ditargetkan selesai 98 %,"  kata Agung seperti dikutip dari situs resmi Kemenko Kesra, Minggu (13/10/2013).

Data Kemenko Kesra melaporkan telah menerima sekitar 300 ribu kartu retur yang dikembalikan kepada PT Pos Indonesia. Pergantian KPS diyakini akan berjalan maksimal karena musyawarah dengan pihak kelurahan atau desa berjalan efektif.

Sementara untuk Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang penyalurannya masih terbilang rendah, pemerintah berjanji akan akan melakukan perbaikan. Targetnya, penerima KPS akan didukung dengan mengambil data-data dari Format Usulan Sekolah (FUS).

"Dengan demikian 16, 6 juta siswa penerima BSM itu bisa memanfaatkan bantuan ini," pungkasnya. (Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini