Sukses

Idul Adha Ini, Harga Daging Sapi Tidak Naik

Pedagang enggan menaikkan harga jual meski harga daging sapi dari Rumah Potong Hewan (RPH) telah melonjak sejak beberapa hari ini.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, para pedagang daging sapi di Pasar Senen, Jakarta Pusat enggan menaikkan harga jual meski harga daging sapi dari Rumah Potong Hewan (RPH) telah melonjak sejak beberapa hari ini.

Salah seorang pedagang daging sapi, Uwi Damanhuri (35) mengungkapkan, harga daging saat ini seharusnya sudah mengalami kenaikan menjelang hari raya kurban yang jatuh tepat 15 Oktober 2013.

"Dari RPH Karawaci tempat saya beli daging, harganya sudah naik Rp 2 ribu per kilogram (kg), tapi saya tidak menaikkan harga jual dan tetap Rp 90 ribu per kg," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Pasar Senen, Jakarta, seperti ditulis Senin (14/10/2013).

Alasannya, tambah dia, karena persaingan antar pedagang daging sapi yang cukup ketat di Pasar Senen saat ini membuat dirinya mempertahankan harga jual daging sebesar Rp 90 ribu per kg.

Harga tersebut mengalami penurunan sejak sepekan paska Hari Raya Idul Fitri, di mana harga daging saat itu sempat berada di kisaran Rp 110 ribu-Rp 120 ribu per kg.

"Saya tidak berani naikkan harga karena takut pembeli atau pelanggan kabur. Persaingan di sini juga semakin ketat, beda dengan beberapa tahun lalu waktu pedagang daging sapi masih sedikit," paparnya.

Lebih jauh Uwi mengatakan, penjualan daging sapi setiap tahun sebelum hari raya kurban tidak berbeda jauh dengan hari-hari biasa. Pasalnya para penjagal lebih memprioritaskan menjual sapi hidup, sehingga stok sapi potong di RPH berkurang.

"Penjualan sekitar dua-tiga ekor sapi atau sekitar enam kuintal daging. Itu habis semua dan biasanya diborong sama pelanggan dari rumah makan, katering, dan sebagainya. Sedangkan penjualan saat Idul Fitri bisa sampai 10 ekor atau 20 kuintal daging," tutur dia.

Dengan mempertahankan harga jual, Uwi mengaku, konsekuensinya adalah keuntungan yang menipis. Alhasil omzet pun berkurang. "Omzet per hari Rp 50 juta belum termasuk bayar sapi, transportasi, gaji karyawan dan lainnya. Sebab saat membeli daging sapi di RPH, saya membayar dengan modal sendiri dulu," terangnya.

Berbeda, pedagang daging sapi lain di Pasar Senen, Jony Indo (54) juga ikut mematok harga daging sapi Rp 90 ribu per kg. "Di sini pedagang kompak tidak naikkan harga. Soalnya saya beli daging di RPH Cakung, itu masih murah harganya," pungkasnya. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini