Sukses

Swasembada Pangan 2014, Mendag: Pikirin Produksinya Dahulu

Mendag Gita Wirjawan menilai ada hal yang lebih penting dari target untuk mencapai swasembada pangan pada 2014.

Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan menilai ada hal yang lebih penting dari target untuk mencapai swasembada pangan pada 2014, seperti yang dicanangkan pemerintah.

Sebelum mencapai target tersebut, harus terlebih dulu perlu dipikirkan bagaimana meningkatkan produksi pangan dalam negeri sehingga mampu mencukupi kebutuhan nasional.

"Policy kita nggak hanya soal swasembada saja. Dimana kita bisa tingkatkan produktivitas," ujar dia saat konferensi pers pameran Trade Expo Indonesia (TEI) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2013).

Menurut dia, selama kebijakan yang dikeluarkan pemerintah mampu untuk memenuhi kebutuhan para petani lokal, maka target swasembada tersebut tidak akan sulit tercapai.

"Selama kita lakukan kebijakan yang menopang kepentingan petani, maka kita bisa meningkatkan produtivitas petani," lanjutnya.

Dia menambahkan, agar kenaikan produktifitas ini dapat tercapai, maka pemberian insentif serta peningkatan kesejahteraan petani menjadi salah satu cara yang harus terus didorong.

"Kebutuhan kita terus meningkat, maka dari itu semangatnya yaitu untuk berikan insenfit, pengentasan kemiskinan dan pembangunan pedesaan. Kebijakan kita tentang rotan dan produk agro sangat menopang untuk itu," tandas dia. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini