Sukses

Akuisisi Bank Bumiputera oleh MNC Makin Dekat

Setelah akuisisi 30% saham Bank ICB Bumiputera, grup MNC akan memanfaatkan transaksi perbankan di bank tersebut.

Rencana akuisisi saham Bank ICB Bumi Putera oleh grup Media Nusantara Citra (MNC) melalui PT MNC Kapital Tbk nampaknya semakin dekat. Karyawan MNC sudah diwajibkan untuk membuka rekening di bank tersebut.

Menurut sumber di salah satu grup MNC, pihaknya sudah diminta untuk mengisi form pemindahan buku rekening ke bank ICB Bumi Putera. Pemindahan buku rekening ke bank ICB Bumiputera untuk membayar gaji.

PT MNC Kapital Indonesia Tbk, yang bergerak di jasa keuangan telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional sale and purchase agreement/CSPA) dengan ICB Financial Group Holdings AG untuk mengambilalih 30% kepemilikan saham dalam PT Bank ICB Bumiptera Tbk. pada April 2013.

Penandatanganan jual beli bersyarat itu dilakukan pada 2 April 2013. Langkah tersebut untuk melengkapi jasa layanan keuangan PT MNC Kapital Indonesia Tbk dan memperkuat sinergi yang telah terbentuk antara entitas anak usaha yaitu MNC Asset Management, MNC Finance, MNC Insurance, MNC Life, dan MNC Securities.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 April 2013, Direktur Utama PT MNC Kapital Indonesia Tbk, Darma Putra menuturkan, keputusan untuk melakukan akuisisi 30% saham Bank Bumiputera dilakukan dengan kajian mendalam dan mempertimbangkan potensi pengembangan dan pertubuhan bisnis bank Bumiputera di tengah kondusifnya industri perbankan Indonesia. Namun nilai transaksi akuisisi 30% itu belum dapat diketahui.

"Penandatanganan jual beli bersyarat itu merupakan langkah strategis yang solid untuk mewujudkan komitmen perseroan menjadi MNC Kapital sebagai financial supermarket yang memberikan layanan jasa keuangan yang lengkap," kata Darma dalam keterbukaan informasi 8 April 2013.

Adapun akuisisi Bank Bumiputera itu akan menjadi efektif setelah memperoleh persetujuan dari otoritas berwenang. Saat ini, perseroan masih menunggu persetujuan dari Bank Indonesia (BI), yang diharapkan dapat diraih pada semester kedua 2013. Setelah mendapatkan persetujuan, PT MNC Kapital Tbk akan menyuntikkan modal ke Bank ICB Bumputera Tbk.

Berdasarkan laporan keuangan yang disampaikan ke BEI, Bank ICB Bumiputera meraih pendapatan bunga bersih turun menjadi Rp 147,19 miliar hingga semester pertama 2013 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 160 miliar. Bank ICB Bumiputera mencatatkan rugi bersih sekitar Rp 960 juta pada semester pertama 2013 dari periode sama sebelumnya untung Rp 2,28 miliar. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.