Sukses

Erick Thohir Kini Sejajar dengan Roman Abramovich?

Membeli 70% saham klub sepakbola Inter Milan milik Masimo Moratti, menempatkan Erick Thohir sejajar Roman Abrahmovic. Kok bisa?

Klub sepakbola ternama dunia asal Italia Inter Milan akhirnya jatuh ke tangan miliarder Indonesia Erick Thohir. Pembelian 70% saham Inter Milan senilai 350 juta euro atau setara Rp 5,3 triliun menyejajarkannya dengan pemilik klub sepakbola Chelsea, Roman Abramovich.

Secara jumlah kekayaan, Erick Thohir memang kalah dibandingkan Abramovich. Namun satu hal yang membuat Erick sejajar dengan pria asal Rusia ini adalah kemampuan pengusaha dari negara emerging market (negara berkembang) untuk membeli klub sepakbola ternama Eropa.

Mengutip laporan Forbes, Kamis (17/10/2013), lewat pembelian tersebut, Erick  menjadi pemilik klub sepakbola besar Eropa terbaru yang berasal dari negara berkembang. Kepemilikan Erick atas Inter Milan menambah nama dalam daftar pengusaha negara berkembang yang berhasil mengakuisisi klub sepakbola yang populer di mata dunia.

Sebagai informasi, emerging market selama ini merujuk pada negara-negara yang tengah tumbuh pesat di tengah perekonomian global yang melambat. BRIC merupakan salah satu singkatan yang merujuk pada Brasil, Rusia, India, China, yang menjadi new emerging market. Sejumlah ekonom juga menilai Indonesia dianggap layak masuk dalam  jajaran negara ekonomi berkembang.

Roman Abramovich merupakan pengusaha asal Rusia yang berhasil menduduki kursi kepemilikan klub sepakbola Chelsea. Sementara itu Mansour bin Zayed Al Nahyan yang berasal dari Abu Dhabi merupakan pemilik perusahaan investasi Abu Dhabi United Group (ADUG) yang berhasil mengakuisisi Manchester City.

Pengusaha asal negara berkembang lainnya yang berhasil mengakuisisi klub sepakbola ternama Eropa adalah Nasser Al-Khelaifi. Mantan pemain tenis profesional asal Qatar ini merupakan presiden klub sepakbola Ligue 1, Paris Saint-Germain. Selain itu, investor kelahiran Rusia Dmitry Yevgenyevich Rybolovle merupakan pemilik resmi klub sepakbola AS Monaco FC.

Erick yang juga merupakan pemilik klub sepakbola DC United ini memiliki total 35% saham Inter Milan. Sementara 30% saham masih dimiliki Morratti. Sisa saham Inter Milan tersebut dimiliki dua rekan Erick asal Indonesia yaitu Rosan Roselani dan Handy Soetedjo.

Pemilik klub basket NBA's Philadelphia 76ers ini merupakan pengusaha besar di industri media dalam negeri dengan pendapatan mencapai US$ 1,15 miliar. Sementara itu ayahnya, Teddy Thohir merupakan konglomerat Tanah Air pendiri Astra Internasional.

Meski memiliki uang dalam jumlah besar untuk memperoleh lebih banyak pemain berbakat, para fans Inter Milan di Italia masih ragu dengan maksud Thohir membeli klub besar tersebut. Sementara itu, Morratti yang menerima sejumlah kritik keras atas aksi jualnya pada Erick tersebut memiliki kecintaan yang tak diragukan lagi terhadap Inter Milan yang dibesarkannya sejak lama.(Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.