Sukses

Chatib Basri Ketemu Gubernur BI, LPS dan OJK, Bahas Apa Ya?

Menkeu Chatib Basri bertemu Gubernur BI Agus Martowardojo, Ketua LPS Mirza Adityaswara dan Ketua OJK Muliaman D Hadad. Bahas apa ya?

Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) kembali digelar satu hari paska penghentian (shutdown) pelayanan Kementerian Amerika Serikat (AS) dengan ditandainya perpanjangan pagu utang AS sebesar US$ 16,7 triliun.

Dari pantauan Liputan6.com, rapat rutin ini telah dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh Menteri Keuangan Chatib Basri, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara serta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad.

Sayang, ketika dikonfirmasi mengenai pembahasan rapat FKSSK kepada Agus Martowardojo, mantan Menteri Keungan itu masih enggan berkomentar. "Nanti saja ya," kata dia saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan sambil bergegas menuju ruang rapat, Jumat (18/10/2013).

Pemerintah memang tengah membahas paket kebijakan ekonomi tambahan yang rencananya akan dikeluarkan pada Oktober ini.

Di tempat terpisah, Menteri Keuangan Chatib Basri memberikan kisi-kisi mengenai paket kebijakan tersebut. "Kebijakannya lebih kepda upaya untuk memperbaiki investasi," tutur dia saat menghadiri Annual Report Award (ARA), Kamis (17/10/2013) malam.

Lebih jauh Chatib menambahkan, revisi Daftar Negatif Investasi (DNI) diharapkan dapat segera rilis pada bulan ini. "Revisi DNI sudah dalam tahap akhir, biar Pak Mahendra Siregar (Kepala BKPM) yang akan menjelaskannya," tuturnya.

Di samping itu, pemerintah juga bakal menuntaskan kebijakan penyederhanaan izin investasi beserta insentif pada tahap berikutnya. "Pokoknya harapannya DNI bisa kelar Oktober ini. Jadi masih ada waktu dua minggu lagi," pungkas Chatib. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini