Sukses

10 Negara Pemberi Utangan Terbesar ke Amerika Serikat (II)

Beberapa pemberi utang AS juga berasal dari negara yang kerap menjadi pesaing dan berselisih paham dengan negara ini, seperti Rusia.

Kisruh utang Amerika Serikat (AS) sempat menjadi halaman muka (headline) media internasional. Maklum, AS selama ini dikenal sebagai negara terkuat terutama dalam perekonomian di dunia.

Namun, ternyata Amerika kini kelimpungan dengan jumlah utangnya yang sangat besar hingga US$ 16,8 triliun.

Nilai utang ini bukan dari satu sumber saja. Beberapa berasal dari negara yang kerap juga menjadi pesaing dan berselisih paham dengan AS, seperti China dan Rusia.

Seperti dikutip dari The Richest, Jumat (18/10/2013), berikut kelanjutan negara pemberi utangan terbesar kepada Amerika Serikat. Berikut 5 dari 10 negara yang menjadi pemberi utang bagi AS, yakni:
6. Belgia

Total utang AS: US$ 167,7 miliar

Dengan peringkat PDB ke-32 di dunia, Anda mungkin penasaran mengapa Belgia bisa masuk ke jajaran 10 negara tempat AS menaruh utang. Jawabannya sederhana, Belgia adalah negara surga pajak.

Belgia merupakan pusat perbankan internasional ternama yang memberikan insentif pajak murah bagi perusahaan asing dan investor kaya dari penjuru dunia. Sebagian besar utang AS di Belgia dikategorikan sebagai `kustodian`.

Artinya, surat utang tersebut dibeli atas nama para investor yang berada di negara-negara tetangga seperti Jerman, Perancis, dan negara lain di seluruh penjuru dunia.
7. Inggris

Total utang AS: US$ 156,9 miliar

Salah satu rekan AS yang bisa diandalkan sepanjang tahun ini adalah United Kingdom (UK) termasuk Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara, Pulau Man dan Kepulauan Channel. Negara-negara tersebut telah mengurangi jumlah kepemilikan surat utang AS dalam beberapa tahun terakhir.

Posisinya merosot cepat ke peringkat tujuh dari posisi tiga hanya dalam waktu singkat. Saat ini, Inggris dipastikan memiliki masalah utang  sendiri dengan jumlah utang sektor publik mencapai 74,5% dari PDB.
8. Luksemburg

Total utang AS: US$ 146,8 miliar

Meskipun Luksemburg merupakan negara kecil, tapi negara tersebut dinilai cukup kaya dalam pengelolaan keuangan. PDB per kapita Luksemburg mencapai nilai US$ 80.700 pada 2012.

Negara tersebut dianggap sebagai surga pajak utama bagi para investor berpendapatan tinggi. Banyak investor dari penjuru dunia yang membeli surat utang AS melalui rekening bank berbasis Luksemburg.
9. Rusia

Total utang AS: US$ 131,6 miliar

Sentimen publik terhadap hubungan AS dan Rusia selama ini tampak tidak terlalu positif (misalnya, Perdana Menteri Vladimir Putin pernah menyebut AS sebagai parasit ekonomi global pada 2011).

Meski begitu, Rusia tercatat memiliki US$ 131,6 miliar surat utang AS. Sejak Putin melempar komentarnya tersebut, para pejabat keuangan Rusia sibuk menambah utang AS ke negaranya.
10. Hong Kong

Total utang AS: US$  120 miliar

Menurut CIA World Factbook, secara teknis Hong Kong tidak memiliki negaranya tersebut. Namun Hong Kong dianggap sebagai daerah administratif khusus dengan kedaulatan ekonomi terpisah dari Cina daratan.

Hong Kong juga merupakan pusat perbankan penting bagi Asia di mana 20% dari PDB Hong Kong berasal dari sektor keuangan besarnya.

Tidak diragukan lagi banyak kegiatan perbankan yang dilakukan Hong Kong termasuk pembelian dan kepemilikan surat utang AS sebesar US$ 120 miliar.(Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.