Sukses

Dahlan Iskan Jadi Bintang Film Singkong

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terlibat dalam sebuah film. Apa itu?.

Tak mau puas dengan keterlibatannya dalam sinetron di salah satu stasiun televisi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan kembali terlibat dalam sebuah film. Namun bedanya, film kali ini hanya dikhususkan untuk para petani di Wonogiri. Film apa itu?

Itu adalah film dokumenter berisikan potensi tanaman singkong beserta tata cara tanamnya yang berdurasi 37 menit. Ini hasil karya Bagian Humas Sekretariat Daerah Wonogiri.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Wonogiri Sularso melalui sambungan teleponnya mengatakan, film dokumenter ini akan dicetak dalam 300 keping berwujud DVD.

Nantinya film tersebut tidak diperjualbelikan, dan murni untuk keperluan sosialisasi dan pembinaan bagi petani.

"Ada sekitar 300 keping DVD nanti dibagikan kepada kelompok tani secara gratis," jelas Sularso melalui sambungan telepon yang kemudian dikutip dari Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi, Jumat (18/10/2013).

Selain film, pihaknya juga memperbanyak lembaran cetakan berisikan tatacara budidaya tanaman singkong. Hal ini untuk lebih menguatkan dampak psikologis yang diterima petani usai menyaksikan DVD.

"Lembaran cetakan semacam brosur itu bisa dibaca setiap saat. Kalau DVD ‘kan harus menggunakan piranti elektronik berupa player dan monitor," ujar mantan Kabag Pertanahan itu.

Pembuatan film dokumenter terkait budidaya singkong. Menteri BUMN Dahlan Iskan termasuk pihak yang ditampilkan di dalam film.

Setidaknya ada tujuh lokasi kecamatan yang dijadikan tempat pengambilan gambar. Film ditujukan untuk mengembangkan potensi singkong Wonogiri. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.