Sukses

12 Stasiun Kereta Paling Spektakuler di Dunia (1)

Beberapa stasiun kereta api di sejumlah negara terlihat sangat megah dengan konsep arsitektur yang spektakuler.

Stasiun kereta api tampaknya menjadi salah satu sarana bagi para seniman dan arsitektur untuk menguji keahliannya. Terbukti, beberapa stasiun kereta api di sejumlah negara terlihat sangat megah dengan konsep arsitektur yang spektakuler.

Seperti dikutip dari CNN, Sabtu (19/10/2013), sebut saja stasiun kereta api Atocha di Madrid, Spanyol. Di dalam stasiun tersebut terdapat taman yang indah yang dirawat secara teratur.

Tak hanya itu, baru-baru ini St Pancras International mengumumkan pihaknya akan menambah ornamen-ornamen baru yang kental dengan nuansa seni. Di dalamnya terdapat berbagai lampu hias yang tampak indah dengan gemerlap lilin di atasnya.

Berikut 6 dari 12 stasiun kereta api paling spektakuler di dunia:


1. St Pancras International

Lokasi: London, Inggris

Pekan lalu stasiun kereta St Pancras International mengumumkan pembangunan keduanya dengan menggunakan program kesenian kontemporer.

Seniman David Batchelor akan memasang sekelompok pecahan patung perspex (plastik bening menyerupai kaca) yang tergantung di atap bangunan terminal. Atapnya dihiasi dengan lampu-lampu hias yang disertai dengan gemerlap lilin.



2. Grand Central Terminal

Lokasi: New York, Amerika Serikat (AS)

Interior menakjubkan terpampang di stasiun kereta Grand Central Terminal di New York yang dibangun pada 1913. Bangunan tersebut dihiasi dengan tangga marmer yang berkelok-kelok.

Grand Central juga menawarkan latar belakang yang indah berupa potonga-potongan gambar film Hollywood selama beberapa tahun. Di antara gambar tersebut terdapat film Carlito's Way dan The Godfather.


3. Atocha

Lokasi: Madrid, Spanyol

Atocha merupakan stasiun kereta api terbesar di ibu kota Spanyol, Madrid. Berbagai layanan memuaskan tersedia di sana termasuk sejumlah kereta berkecepatan tinggi, jalur komuter lokal dan serangkaian rute antar kota. Terdapat juga taman seluas 4.000 meter persegi yang dipenuhi dengan berbagai jenis bunga dan tanaman tropis.



4. Liege-Guillemin

Lokasi: Liege, Belgia

Interior stasiun Liege-Guillemin menyuguhkan berbagai fasilitas super modern. Meski terletak jauh dari stasiun terbesar dan tersibul di Belgia, Liege Guillemin dipenuhi dengan kereta-kereta komuter super cepat. Tak hanya itu, jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta pun bergerak dengan cepat.


5. Chhatrapati Shivaji Terminus

Lokasi: Mumbai, India

Tak hanya menjadi terminal paling sibuk di India, Chhatrapati Shivaji Terminus juga merupakan situs warisan dunia, UNESCO (UNESCO World Heritage Site).

Bangunan menara gotik dengan paduan kubah batu dan lengkungan rucing berfungsi sebagai terminal untuk kereta jarak jauh dan kereta pinggiran kota. Stasiun tersebut juga pernah dijadikan lokasi syuting Slumdog Millionaire.


6. Flinders Street Station

Lokasi: Melbourne, Australia


Menara kuning berkelas dengan kubah hijau di Melbourne menunjukkan kemegahan stasiun kereta Flinders Street. Bangunandengan struktur kuno tersebut merupakan yang menara tersibuk dengan jumlah penumpang mencapai 110 ribu setiap hari.

(Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini