Sukses

12 Stasiun Kereta Paling Spektakuler di Dunia (2)

Para pengelola stasiun kereta api meletakkan berbagai ornamen dan hiasan dinding yang dapat membuat para pengunjungnya betah.

Tak hanya berperan sebagai pusat transportasi, stasiun kereta api juga bisa menjadi hasil karya seni menarik yang sedap dipandang mata. Para pengelola stasiun kereta api meletakkan berbagai ornamen dan hiasan dinding yang dapat membuat para pengunjungnya betah.

Seperti dikutip dari CNN, Sabtu (19/10/2013), beberapa stasiun kereta api di dunia menyuguhkan gaya bangunan yang spektakuler. Sebut saja St Pancras International yang terkenal dengan orname seni di dalamnya.

Dengan rancangan bangunan yang luar biasa, salah satu stasiun kereta api di Paris Gare du Nord mampu melayani 160 juta penumpang setiap tahunnya. Stasiun raksasa tersebut menyediakan keberangkatan lokal dan internasional seperti ke Jerman dan Belgia.

Berikut 6 dari 12 stasiun kereta api paling spektakuler di dunia:
(Baca Juga: 12 Stasiun Kereta Paling Spektakuler di Dunia bagian I)


7. Union Station

Lokasi: Los Angeles, AS

Stasiun kereta api, Union Station di Los Angeles dari luar tampak seperti gereja yang sepi pengunjung. Tapi jangan salah stasiun tersebut merupakan salah satu pusat transportasi paling sibuk. Terbukti sekitar 60 ribu penumpang menggunakan stasiun tersebut setiap hari. Ada yang


8. Milano Centrale

Lokasi: Milan, Italia

Stasiun kereta api yang spektakuler Milano Centrale terletak di Milan, italia. Dilengkapi dengan 11 ribu kubik meter lantai marmer, stasiun tersebut merupakan tempat untuk banyak patung batu. Terminal berusia 82 tahun tersebut merupakan pusat transit di Italia.


9. Moscow Metro

Lokasi: Moskow, Rusia

Para penumpang yang menunggu kereta di stasiun Moscow Metro akan dimanjakan dengan berbagai dekorasi lukisan hasil karya seni yang hebat.

Di dalam stasiun kereta bawah tanah tersebut terdapat potret autor ternama bernama Fyodor Dostoyevsky. Gambarnya yang besar membuat dia tampak sedang mengawasi para penumpang yang lalu lalang di stasiun tersebut.


10. Gare du Nord

Lokasi: Paris, Prancis

Stasiun raksasa Gare du Nord di Paris merupakan stasiun kereta api paling sibuk di Eropa. Stasiun ini menawarkan berbagai rute baik lokal maupun internasional seperti ke Belgia, Belanda, Jerman dan Inggris. Lebih dari 190 juta penumpang lalu lalang di stasiun tersebut setiap tahunnya.


11. Kuala Lumpur Railway Station

Lokasi: Kuala Lumpur, Malaysia

Dibangun sejak 1910, Kuala Lumpur Railway Station tetap berdiri kokoh. Kondisi tersebut berkat gaya arsitekturnya yang spektakuler, perpaduan antara teknik pembangunan Barat, Arab dan India.

Meski tak lagi menjadi pusat kereta api di Malaysia, perannya masih cukup besar. Beberapa kereta komuter masih melintasi stasiun tersebut.


12. Riyadh Metro

Lokasi: Riyadh, Arab Saudi

Meski belum dibangun, tapi rencana sistem kereta api bawah tanah Riyadh sangat cantik dan spektakuler. Pembangunan stasiun tersebut baru akan dimulai tahun depan oleh King Abdullah dan dirancang oleh Zaha Hadid Architects. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini