Sukses

4 Tanda Pekerjaan Anda Bakal Direbut Robot

Bagi Anda para pengagum teknologi robot, hati hati pekerjaan yang tengah Anda lakoni justru dapat direbut benda canggih tersebut.

Bagi Anda para pengagum teknologi robot, hati hati pekerjaan yang tengah Anda lakoni justru dapat direbut benda canggih tersebut. Sebuah penelitian di Oxford University menunjukkan sekitar 47% dari pekerjaan yang ada saat ini bisa diselesaikan dengan menggunakan mesin.

Seperti dilansir dari Forbes, Senin (21/10/2013), penelitian tersebut membuktikan pekerjaan manusia saat ini akan diselesaikan secara otomatis menggunakan tenaga robot. Dalam waktu dekat sejumlah pekerjaan akan digantikan robot mengingat biaya kerjanya yang lebih murah dengan cara kerja yang lebih efektif.

Penelitian lanjutan kemudian dilakukan pengamat teknologi Carl Frey dan Michael Osborne. Keduanya menyimpulkan beberapa jenis pekerjaan yang berisiko tinggi digantikan oleh tenaga robot.

Berikut 4 tanda pekerjaan yang sangat mungkin dikerjakan secara otomatis:

1. Pekerjaan yang sifatnya berulang dan sama

Dengan kemajuan sistem robotik, pekerjaan yang berulang dapat dikerjakan dengan lebih efektif. Terlebih lagi, pekerjaan dengan karakter seperti itu, akan lebih hemat biaya jika diselesaikan dengan menggunakan mesin.

Jenis pekerjaan seperti itu sangat beragam misalnya pembuatan furnitur hingga menjalankan sejumlah prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara rutin.

2. Pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka

Sejauh ini sudah ada dua jenis pekerjaan yang mulai digantikan dengan sistem kerja mesin. Kedua pekerjaan itu adalah pengecekan barang belanjaan yang sudah banyak diterapkan di sejumlah toko grosir dan pemrograman pembayaran pajak yang bisa dilakukan sendiri.

Tentu saja, akan makin banyak pekerjaan yang berhubungan dengan data kuantitatif (banyak berhubungan dengan angka) digantikan menggunakan mesin. Dengan begitu, semakin banyak pekerjaan serupa akan hilang ke depannya, seperti beberapa yang mungkin diantaranya teknisi perbaikan komputer dan pelayan restoran cepat saji.

3. Pekerjaan yang tidak membutuhkan rekan kerja

Hubungan antar manusia dinilai sebagai hal yang sangat rumit melibatkan intuisi dan logika. Tak hanya itu, hubungan kerja pada umumnya menggunakan lima panca indera yang hanya dimiliki manusia. Jika pekerjaan Anda bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain, maka pekerjaan Anda sedang dalam bahaya.

Menurut Osborne dan Frey, kebanyakan pekerjaan yang tidak memerlukan kemampuan bersosialisasi dan kecerdasan emosional dapat dengan mudah digantikan robot. Jika Anda bekerja sendiri sepanjang hari di satu ruangan terpisah, maka bersiaplah sebentar lagi robot akan menggeser posisi tersebut.

4. Pekerjaan yang didasari aplikasi matematika

Jika pekerjaan Anda bisa diselesaikan dengan menerapkan perhitungan matematika, maka pekerjaan tersebut dapat dengan mudah dilakukan secara otomatis. Saat ini beberapa negara bahkan sudah menciptakan mobil tanpa pengendara. Penciptaan tersebut menjadi salah satu contoh yang tepat untuk menggambarkan tanda yang terakhir ini.

Maka agar pekerjaan Anda tidak direbut robot nantinya, hindari keempat jenis pekerjaan tersebut. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.