10 Negara Berpenduduk Super `Tajir` Terbanyak di Dunia (2)

By

Dunia menjadi saksi mata lahirnya orang-orang super kaya baru di berbagai negara. Orang-orang super kaya didefinisikan sebagai penduduk dengan jumlah kekayaan di atas US$ 30 juta. Negara mana saja yang menjadi tempat tinggal para warga super kaya tersebut?.

Seperti melansir The Richest, Selasa (22/10/2013), Amerika Serikat (AS) menjadi negara dengan jumlah populasi konglomerat terbanyak. Sekitar 65.505 warganya berpenghasilan di atas US$ 30 juta. Tak heran, negara tersebut memang memiliki perekonomian terbesar di dunia.

Sementara itu, beberapa negara Asia juga menjadi tempat lahirnya generasi orang-orang super kaya baru. Negara-negara tersebut seperti China, Jepang dan India.

Berikut 5 dari 10 negara lainnya yang memiliki jumlah penduduk berpenghasilan tinggi paling banyak di dunia:

6. India

Jumlah penduduk berpenghasilan tinggi (di atas US$ 30 juta): 7.850 jiwa

Naik dari peringkat sebelumnya, India merupakan negara berkembang dengan pertumbuhan orang kaya baru yang cukup pesar. Jumlah penduduk dengan kekayaan dan aset senilai di atas US$ 30 juta berjumlah 7.850 jiwa.

Dengan pintu masuk yang lebih terbuka bagi investasi asing dan pemangkasan birokrasi pemerintah, India tengah menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat.
7. Swiss

Jumlah penduduk berpenghasilan tinggi: 6.330 jiwa

Swiss masih mampu berdiri dengan gagah dan kokoh bahkan saat dilanda krisis Eropa. Swiss tercatat memiliki sebanyak 6.330 orang super kaya meski dengan jumlah penduduk yang sedikit.

Penyebab utama yang membuat Swiss bisa tumbuh pesat dan stabil adalah perannya sebagai pusat perputaran uang terbesar di dunia.
8. Kanada

Jumlah penduduk berpenghasilan tinggi: 4.980 jiwa

Jumlah populasi orang kaya di Kanada berkurang hampir 1% menjadi 4.980 jiwa. Meski begitu, PDB per kapita Kanada pada 2012 berjumlah sebesar Us$ 42.734.

Artinya, meski tidak semuanya super kaya, tapi secara keseluruhan penduduk Kanada merupakan orang kaya. Selain memiliki hampir 5.000 orang super kaya, Kanada merupakan rumah bagi 37 miliarder di sana.
9. Perancis

Jumlah penduduk berpenghasilan tinggi: 4.490

Negara gudangnya super model ini mengalami pertumbuhan 9,5% untuk kategori jumlah orang super kaya. Dari 4.100 tahun lalu, Perancis berhasil menambah populasi penduduk berpenghasilan tingginya menjadi 4.490 jiwa.

Jika digabungkan, jumlah kekayaan para penduduk tersebut mencapai US$ 525 miliar. Perancis juga memberlakukan pembayaran pajak yang sangat tinggi bagi orang-orang super kaya sebesar 75%. Angka pajak tersebut merupakan yang tertinggi di kawasan Eropa.
10. Brasil

Jumlah penduduk berpenghasilan tinggi: 4.015 jiwa

Dari 201 juta penduduknya, sebanyak 4.015 jiwa memilik kekayaan lebih dari Us$ 30 juta. Angka tersebut tentu sangat baik bagi negara yang menderita secara ekonomi seperti inflasi, defisit perdagangan, dan pertumbuhan PDB yang rendah selama beberapa tahun.

Jumlah populasi super kaya di Brasil berkurang 13,5%. Bahkan belum lama, miliarder asal Brasil Eike Batista kehilangan perusahaannya yang bernilai lebih dari US$ 20 miliar. Meski begitu, di kawasan Amerika Latin, Brasil merupakan negara dengan jumlah penduduk super kaya terbanyak. (Sis/Nur)

10 Negara Berpenduduk Super `Tajir` Terbanyak di Dunia (2)

0 Comments

    Popular Videos

    Popular Photos