Sukses

Dahlan Ajak BUMN Keroyokan Bangun Pembangkit Listrik di Sumut

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku ingin membangun pembangkit listrik di Sumatera Utara demi mengimbangi pertumbuhan ekonomi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku ingin membangun pembangkit listrik di wilayah Sumatera Utara demi mengimbangi pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

"Saya akan minta nanti gabungan BUMN bangun pembangkit listrik di Sumatra Utara," kata Dahlan saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Rencana yang muncul spontan saat berbincang dengan wartawan ini rencananya akan melibatkan beberapa perusahaan BUMN raksasa mulai dari Wijaya Karya hingga ke Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Nanti ya misalnya PLN, Waskita, PP, Wijaya Karya, Adhi, itu kan mereka juga perlu proyek-proyek, sehingga menurut saya ini baik," tegasnya.

Idenya ini mengaca dari kesuksesan perusahaan-perusahaan BUMN yang sukses membangun tol atas laut di Bali yang bahkan memecahkan rekor pembangunan tol tercepat dengan hanya memakan waktu 14 bulan.

Untuk itu dirinya meminta agar seluruh stakeholder yang terkait untuk tetap mendukung rencana pembangunan pembangkit tersebut layaknya pembangunan tol bali.

"Tapi catatan perijinan kemetrian daerah dan DPR harus menyetujui itu dengan mudah seperti Pemda Bali dan lainnya saat pembangunan Tol Bali lho ya," ujar mantan Dirut PLN itu.

Demi mengkoordinasi hal itu, Dahlan berencana akan mulai memanggil perusahaan BUMN raksasa tersebut mulai minggu depan.

"Minggu-minggu depan saya akan kumpulkan BUMN-BUMN yang kuat, saya minta PLN untuk menerima ide ini supaya jangan terus kita pusing tentang urusan listrik," tutup Dahlan. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.