Sukses

10 Pekerjaan yang Paling Cocok Buat Sarjana Baru (I)

Salah satu ketakutan terbesar para sarjana baru adalah mencari pekerjaan.

Salah satu ketakutan terbesar para sarjana baru adalah mencari pekerjaan. Tak hanya itu, jumlah gaji yang ditawarkan juga menjadi pertimbangan utama bagi para pencari kerja.

Seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (22/10/2013), prospek karir ke depannya turut menjadi faktor utama yang dipikirkan para mahasiswa yang baru lulus. Sebenarnya banyak pekerjaan yang menawarkan gaji besar meski bagi lulusan yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

University of California, San Diago menghimpun daftar karir yang paling dibutuhkan sepanjang tahun ini dan ditulis dalam laporan bertajuk `Hot Careers for College Graduates`.

Hasilnya, berikut 10 pekerjaan yang paling cocok bagi para mahasiswa yang baru lulus, yakni:
1. Pengembang sistem perangkat lunak (sistem software)

Meskipun permintaan tenaga kerja untuk pembuat aplikasi software masih lebih tinggi, tapi para pengembang sistem software memiliki proyeksi pertumbuhan tenaga kerja yang lebih baik sebesar 32%.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sementara untuk para pencipta aplikasi software hanya berjumlah 28%. Jumlah gaji para pengembang sistem software juga tercatat lebih tinggi.
2. Pengembang aplikasi perangkat lunak (aplikasi software)

Perbedaan antara pembuat aplikasi dan pengembang sistem software terletak pada permintaan konsumen. Dalam pengembangannya, para pencipta aplikasi software sangat terpusat pada minat dan keinginan konsumen.

Setelah itu, profesi ini menguji dan memodifikasi produknya untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen.

Para sarjana yang lulus dari jurusan ilmu komputer atau matematika merupakan orang yang tepat untuk mengisi posisi itu. Pelamar yang memiliki kemampuan pemrograman juga dibutuhkan untuk menduduki jabatan tersebut.
3. Analis pasar

Data pemerintah AS menunjukkan 392.740 analis pasar dan spesialis pemasaran memiliki gaji sebesar US$ 67.380 per tahun. Tak heran pekerjaan tersebut masuk ke salah satu daftar rekomendasi bagi para lulusan universitas.

Tak hanya itu, pekerjaan tersebut juga masuk ke daftar posisi yang paling dicara. Lowongan pekerjaan tersebut akan tumbuh hingga 41% hingga 2020.
4. Akuntan atau Auditor

Jarangnya lulusan sarjana yang mengisi posisi tersebut membuatnya menjadi karir yang paling dibutuhkan. Setidaknya jutaan orang bekerja sebagai akuntan dan auditor.

Pada 2020 nanti, pertumbuhan lowongan pekerjaan untuk posisi tersebut akan meningkat sebesar 16%. Bagi para lulusan yang berorientasi pada pendapatan, pekerjaan sebagai akuntan adalah pilihan tepat. Hal ini karena adanya proyeksi peningkatan gaji untuk posisi tersebut.
5. Administrator sistem komputer dan jaringan

Pertumbuhan profesi sebagai administrasi sistem komputer dan jaringan diprediksi sebesar 28% pada 2020 mendatang. Meningkatnya teknologi rumah tangga dan di setiap sektor ekonomi menjadikan profesi ini menjadi yang paling dicari.

Dengan begitu, dibutuhkan para lulusan baru yang mampu mengisi banyaknya lowongan pekerjaan di bidang teknologi tersebut. Setiap tahunnya, jumlah kebutuhan administrator sistem komputer dan jaringan terus meningkat.

Ingin tahu 5 pekerjaan yang paling cocok bagi para mahasiswa yang baru lulus, simak artikel berikutnya. (Sis/Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.