Sukses

Top 5 Artikel Bisnis Edisi Selasa 22 Oktober 2013

Artikel Jakarta terancam menjadi kota mati menyedot perhatian pembaca Liputan6.com. Artikel apa saja yang jadi pilihan pembaca kali ini?

Tak hanya di China, ancama munculnya kota mati juga bisa terjadi di Indonesia, tepatnya Jakarta. Pertambahan jumlah kendaraan pribadi yang tak dibarengi perubahan tata ruang dan pembangunan transportasi masal bisa memicu turunnya tingkat daya saing ibukota Indonesia ini.

Dalam jangka panjang, Jakarta bisa saja menjadi kota mati seandainya daya saing terus berkurang. "Kota Jakarta harus ada efisiensi yang lebih baik agar memiliki daya saing yang bagus," kata Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit ketika dihubungi Liputan6.com, Selasa (22/10/2013).

Topik mengenai Jakarta terancam menjadi kota mati ini menjadi salah satu artikel yang paling banyak dibaca pembaca Liputan6.com pada edisi hari ini.

Artikel lain seperti upah murah yang jadikan Jawa Tengah sebagai lokasi favorit investor, serta persoalan pembelian tiang mangkrak monorel milik Adhi Karya, juga menjadi artikel yang banyak dipilih pembaca.

Berikut adalah ringkasan lima artikel terpopuler pada edisi hari ini:

1. Jakarta Terancam Menjadi Kota Mati

Hati-hati, bagi Anda warga ibukota Jakarta. Ancaman pertambahan jumlah kendaraan yang tak dibarengi penyesuaian tata ruang dan penambahan moda transportasi massal bisa menjadi pemicu masuknya Jakarta sebagai kota mati.

Tanda-tanda ke arah tersebut setidaknya sudah terlihat dari kondisi Jakarta yang tak memiliki kawasan pemukiman yang terkoneksi angkutan umum. Betul tidaknya prediksi tersebut, perubahan memang perlu dilakukan di ibukota.

2. Mengapa Dahlan Enggan Bangun Tol Atas Laut di Sumatera?

Kesuksesan membangun jalan tol atas laut Bali yang mengundang decak kagum ternyata tak selalu bisa diikuti di daerah lain. Setidaknya di kawasan Sumatera.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai tol di Sumatera sebaiknya dibangun di pinggir laut sehingga tujuan pengembangan wilayah bisa tercapai. Alhasil, warga Sumatera tampaknya baru bisa bermimpi memiliki jalan tol atas laut seperti yang tengah dinikmati warga Bali saat ini.

3. 10 Negara Berpenduduk Super Tajir Terbanyak

Menjadi kaya mungkin menjadi impian sebagai besar masyarakat di dunia. Namun tak semua orang bisa memiliki penghasilan hingga diatas US$ 30 juta. Beruntung bagi warga dari 10 negara ini yang tinggal di negara penghasil orang kaya di dunia.

Selain Amerika Serikat, negara seperti India, Swiss, Kanada, Prancis, dan Brasil memberikan kesempatan bagi warganya menjadi salah satu bagian dari jajaran orang kaya dunia.

4. Mobil Nasional Bakal Dibeli Pemerintah

Viar, Tawon, dan Esemka adalah deretan mobil yang pernah diusung menjadi mobil nasional Indonesia. Namun nasib berkata lain. Mobil-mobil itu harus tenggelam seiring minimnya perhatian pemerintah.

Kini upaya untuk menghidupkan kembali mobil produk lokal kembang digadang pemerintah. Lewat pembelian mobil lokal, pemerintah ingin kembali membangun citra dari kendaraan buatan dalam negeri yang bisa menjadi kebanggan penduduk Indonesia.

5. Allen Stanford, Miliarder yang Tersungkur di Penjara 110 Tahun

Mungkin tak ada seorang pun yang ingin menghabiskan masa tuanya di penjara. Namun kenyataan pahit ini harus dilalui miliarder Allen Stanford. Diusianya yang ke-63 tahun, pria yang pernah merajai bisnis di Kepulauan Karibia ini harus mendekam 110 tahun di penjara.

Stanford didakwa melakukan skandal penipuan kepada 30 ribu nasabah di seluruh dunia bernilai US$ 7 miliar. Skema Ponzi jadi cara Stanford untuk mengelabui korbannya. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini