Sukses

Pertamina Stop Avtur Merpati, Apa Reaksi Dahlan?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sepertinya sudah lepas tangan mengurusi persoalan penyetopan pasokan BBM buat Merpati.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sepertinya sudah lepas tangan mengurusi persoalan penghentian pasokan bahan bakar pesawat (avtur) dari PT Pertamina ke PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Kini pihaknya menyerahkan urusan tersebut kepada masing-masing perusahaan.

"Saya tidak mau komentar, itu urusan dua perusahaan dan direksinya. Mereka sudah pintar-pintar," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (22/10/2013) malam.

Perjanjian kedua belah pihak terkait pembelian maupun utang avtur, dinilai Dahlan merupakan kesepakatan awal masing-masing korporasi. "Harus selesaikan, direksi Pertamina harus bela Pertamina, direksi Merpati harus bela Merpati," sarannya.

Sebelumnya, Pertamina mengaku telah menghentikan pasokan avtur ke enam rute penerbangan Merpati. "Yang sudah distop itu daerah Yogyakarta, Bandung, Semarang, Palembang, Lampung dan tambahan satu rute di stop," tambah Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir.

Alasannya, dia mengatakan, Merpati melanggar perjanjian sebelumnya yang menyebut utang maskapai penerbangan pelat merah itu tidak boleh lebih dari Rp 100 miliar.

"Sesuai komitmen dengan Merpati, mereka harus jaga utang kurang dari Rp 100 miliar, tapi tidak bisa terealisasi sampai batas waktu yang ditentukan. Akhirnya beberapa lokasi pasokan avtur di stop," tukas Ali. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini