Sukses

Uang US$ 100 Desain Lama Tak Perlu Ditukar

Pemerintah AS mengimbau pemilik uang US$ 100 desain lama untuk tidak menukarkannya dengan uang desain baru.

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) menargetkan peredaran uang dolar pecahan US$ 100 desain baru bisa mencapai 6,1 miliar lembar hingga akhir 2014. Uang baru ini diharapkan dapat secepatnya menggantikan uang dolar pecahan US$ 100 desain lama yang saat ini peredarannya mencapai 9 miliar lembar.

Chief Cashier US Federal Reserve Michael J. Lambert dalam keterangan pers di Pusat Kebudayaan Amerika @america, Pacific Place, Jakarta, Rabu (23/10/2013) mengatakan, peredaran uang pecahan US$ 100 dengan desain baru saat ini telah menembus 3,6 miliar lembar sejak pertama kali diperkenalkan pada 8 Oktober 2013. 

"Saat ini kami juga telah meminta Bank Sentral untuk menambah sejumlah 2,5 miliar lembar," ujar Lambert.

Meski mengeluarkan uang dengan desain baru, Lambert mengimbau para pemilik uang US$ 100 berdesain lama di seluruh dunia untuk tidak menjual uangnya. Apalagi jika hal itu dilakukan hanya demi mendapatkan desain baru.

Selama ini, pemerintah AS telah membuat kebijakan yang menyatakan bahwa semua desain uang kertas yang dikeluarkannya tetap merupakan alat pembayaran yang sah. Bahkan, kapan pun uang kertas tersebut diterbitkan masih tetap berlaku resmi.

"Kalau tukarkan pun, kemudian akan kami hancurkan dan diganti dengan yang baru. Tetapi itu tidak ada batasan waktu. Saya juga tidak yakan uang baru ini 100% akan menggantikan uang lama, dalam beberapa tahun hanya akan menggantikan sekitar 80%-90% saja," katanya. (Dny/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini