Sukses

Siap-siap, 60 Ribu Buruh Gelar Mogok Nasional Hari Ini

Para buruh yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) merealisasikan ancaman mereka untuk menggelar aksi mogok nasional.

Para buruh yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) merealisasikan ancaman mereka untuk menggelar aksi mogok nasional.

Rencananya, sebanyak 5.000 sampai 10 ribu buruh akan menggelar aksi mogok awal di Kawasan Industri Pulo Gadung dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung. Mogok dilakukan terkait tuntutan penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2014.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI), Said Iqbal, ini baru merupakan aksi pemanasan jelang Mogok Nasional akan dimulai pada Senin (28/10/2013) ini. "Mereka akan melakukan mimbar bebas dan mogok," ujar dia dalam keterangan tertulis.

Tak cuma di wilayah Jabodetabek, aksi buruh juga digelar di Bandung Raya seperti Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan lainnya.

Aksi ini akan di ikuti lebih dari 50 ribu buruh yang dipusatkan di Kantor Walikota Cimahi dan Bupati Bandung Barat.

Selain itu, pada pukul jam 17.00 rencananya akan ada 3.000 buruh Karawang yang melakukan konvoi dan konsolidasi di GOR Karawang.

"Di beberapa daerah pun melakukan hal yg sama,dan Puncak dari aksi-aksi ini adalah mogok nasional pada 31 Oktober-1 November di seluruh Indonesia," tandas dia. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.