Sukses

Waduh! Indonesia Kalah Makmur dari Malaysia

Indonesia harus kembali kalah dari tetangganya. Dalam hal apa?.

Setelah dikalahkan Malaysia sebagai negara pemberi kemudahan berbisnis berdasarkan laporan Bank Dunia `Doing Business`, Indonesia kembali harus tertinggal dari segi kemakmuran.

Terbukti, Malaysia berada di posisi ke-44 sebagai negara paling makmur di dunia sementara Indonesia hanya mampu mencapai posisi ke-69.

Seperti melansir laman Prosperity, Rabu (30/10/2013), bicara soal kemakmuran, Indonesia tertinggal 25 peringkat di bawah Malaysia.

Penelitian yang dilakukan Legatum Institute itu telah berlangsung setiap tahun guna mengukur tingkat kemakmuran suatu negara.

Laporan bertajuk `Legatum Prosperity Index` tersebut dirilis setiap tahun sebagai hasil penelitian tingkat kemakmuran 142 negara di dunia.

Peringkat negara-negara tersebut disusun berdasarkan delapan bidang yang meliputi pemerintahan, ekonomi, wirausaha dan peluang usaha, pendidikan, kesehatan, kebebasan pribadi, keamanan dan tingkat pendapatan masyarakat.

Dalam laporan yang sudah dirilis selama tujuh kali tersebut, Malaysia menunjukkan performa yang sangat baik. Di bidang ekonomi, Malaysia tercatat mampu menembus 10 besar dan bertengger di posisi ke-8. Sementara Indonesia jauh tertinggal di posisi ke-35.

Sementara dinilai dari segi kewirausahaan dan peluang usaha, Malaysia memimpin di posisi ke-45, sementara Indonesia harus puas berada di posisi ke-87. Artinya, Malaysia memberikan lebih banyak peluang usaha bagi masyarakatnya dibandingkan Indonesia.

Di tingkat ASEAN, Singapura masih memimpin sebagai negara paling makmur ke-18 di dunia. Sementara itu, secara keseluruhan, Norwegia menjadi negara paling maknur di dunia dengan tingkat ekonomi paling baik.(Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini