Sukses

Dahlan: Gara-gara Blok Mahakam, Pertamina Banyak Difitnah

PT Pertamina (Persero) sering dianggap tak mampu mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam. Menteri BUMN Dahlan Iskan bilang itu fitnah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan banyak fitnah yang menyudutkan PT Pertamina (Persero) tentang kepemilikan Blok Mahakam yang akan habis masa kontaknya 2017 nanti.

Dahlan mengungkapkan, fitnah tersebut berupa pernyataan bahwa Pertamina belum mampu secara teknologi dan kemampuan keuangan untuk mengelola blok yang terletak di Kalimantan Timur tersebut.

"Memang ada banyak fitnah kepada Pertamina apakah tidak mampu kelola Blok Mahakam, apakah Pertamina justru akan ketarik persoalan besar," kata Dahlan di Kantor Pusat Pertamina, Rabu (30/10/2013).

Dahlan menyangkal fitnah-fitnah tersebut, kinerja Pertamina pada sektor hulu dapat dilihat pada produksi Blok West Madura Offshore (WMO) yang terus mengalami peningkatan produksi setelah dikuasai Pertamina.

"Apakah Pertamina kesulitan pasti akan tanya-tanya. Lihat Blok WMO ternyata Pertamina bisa. Sudah terbantahkan, begitu di ambil alih WMO dipegang Pertamina. Belum 2 tahun WMO alami kemajuan besar. Ini memberi keyakinan kepada kita semua bahwa semuanya bisa dilakukan," ungkapnya.

Dahlan pun percaya direksi perusahaan plat merah sektor energi tersebut akan berusaha memiliki blok yang saat ini dikelola oleh Total E&P dan para direksi tersebut memiliki tekad yang kuat.

"Saya percaya direksi Pertamina dan seluruh insan Pertamina punya tekad untuk mengambil alih Blok Mahakam. Dulu sempat bilang Pertamina kelola, tapi dalam hati bertanya-tanya jangan-jangan direksi dan komisarisnya bilang tidak mau. Kalau itu terjadi saya harus tarik diri. Tapi setelah saya cek, direksi Pertamina dan seluruh stakeholder,ya menyatakan siap ambil alih Mahakam," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.