Sukses

Ini Dia 24 Perusahaan Publik Terbaik, Siapa Sajakah?

24 emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) didaulat sebagai perusahaan paling berkomitmen dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.

Sebanyak 24 emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) didaulat sebagai perusahaan paling berkomitmen dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) oleh lembaga Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD).

Direktur Eksekutif IICD Vita Diani Satiadhi mengatakan, penghargaan diberikan karena perusahaan dianggap memberikan informasi yang lengkap kepada para pemegang saham. Selain itu, pergerakan saham dari ke-24 emiten ini layak diperhitungkan di lantai bursa.

"Sebagian besar dari 24 perusahaan tersebut merupakan wajah lama yang memang memiliki performa baik di bisnisnya masing-masing. Pertumbuhan bisnisnya pun dari tahun ke tahun menunjukkan kemajuan," ujar Vita ketika ditemui dalam ajang

penghargaan 5th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Award Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Menurut Vita, pemberian penghargaan praktek GCG terbaik 2013 merupakan bentuk apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan yang berkomitmen dalam menerapkan GCG di perusahaannya, sekaligus menunjukkan bahwa dunia usaha Indonesia telah

menerapkan GCG secara baik sehingga berdampak positif terhadap kinerja bisnisnya.

Vita menjelaskan, perusahaan-perusahaan tersebut mampu dengan baik mengimplementasikan konsep dan makna dari GCG, etika bisnis di perusahaan, serta bagaimana tanggung jawab sosial dari perusahaan.

Pada proses penilaian, IICD melakukan seleksi dalam beberapa tahap dimulai dari pemilihan para aksesor IICD yang sudah terlatih baik dan berpengalaman. Proses selanjutnya, tim IICD melakukan proses verifikasi yang dilakukan oleh tim peneliti/dewan

juri IICD lewat diskusi intensif bersama dengan asesor. Proses ketiga, proses review oleh asesor negara tetangga yang juga melakukan penilaian dengan instrumen Asean CG scorecard. Terakhir adalah diskusi insentif diantara pada anggota tim peneliti/dewan juri untuk menentukan pemenang award.

Dengan proses yang cukup ketat tersebut, berikut adalah 24 perusahaan yang meraih penghargaan 5th IICD Corporate Governance Award:

Best Overall

1. PT Aneka Tambang Tbk
2. PT Bank Danamon Indonesia Tbk
3. PT Indotambang Raya Megah Bhinneka Tbk

Best Improved

1. PT Gajah Tunggal Tbk
2. PT Surya Citra Media Tbk

Best Non Financial Sector

1. PT Perusahaan Gas Negara Tbk
2. PT Semen Indonesia Tbk
3. PT  Telekomunikasi Indonesia Tbk

Best State Owned Enterprise

1. PT Bukit Asam Tbk
2. PT Bank Negara Indonesia Tbk
3. PT Jasa Marga Tbk

Best Responsibility of The Boards

1. PT ABM Investama Tbk
2. PT Bank CIMB Niaga Tbk

Best Exposure and Transparency

1. PT Bank Central Asia Tbk
2. PT Indosat Tbk

Best Equitable Treatment of Shareholders

1. PT Astra Internasional Tbk
2. PT Bank Permata Tbk

Best Right of Shareholders

1. PT Garuda Indonesia Tbk
2. PT XL Axiata Tbk

Best Role of Stageholders

1. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk
2. PT Bank OCBC NISP Tbk

Best Financial Sector

1. PT Bank Internasional Indonesia Tbk
2. PT Bank Mandiri Tbk
3. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

(Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini