Sukses

Dahlan Terkejut Lihat Kinerja Bank BUMN, Kenapa?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku terkejut melihat laporan kinerja perbankan di kuartal ke III tahun 2013 ini.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku terkejut melihat laporan kinerja perbankan di kuartal ke III tahun 2013 ini.

Hal itu dikarenakan laba bank berhasil tetap tumbuh meski kondisi ekonomi global yang terus menekan pada kuartal ke II tahun ini.

"Saya agak surprise bahwa dengan gejolak ekonomi dan global lagi seperti sekarang tapi kinerja perusahaan malah cukup baik, apalagi kalau tidak tertekan kondisinya," ujar Dahlan saat ditemui usai menggelar Rapat Pimpinan Kementrian BUMN di Kantor Pusat Perikanan Nusantara, Jakarta, Kamis (31/10/2013).

Seperti yang dilaporkan, laporan kinerja keuangan perbankan terutama bank-bank BUMN cukup menggembirakan.

Bank BRI tetap mencatatkan sebagai Bank BUMN yang paling banyak meraup laba dengan berhasil tumbuh 17% menjadi Rp 15,2 triliun jika dibandingkan dengan bulan September tahun lalu.

Posisi kedua ditempati Bank Mandiri dengan berhasil mencatatkan laba pada kuatal III tahun 2013 sebesar Rp 12,8 triliun atau naik 15,1% secara year on year (YoY).

Sementara selanjutnya ditempati Bank BNI yang berhasil meningkatkan labanya sebesar 29,8% atau menjadi Rp 6,5 triliun secara YoY.

Sedangkan Bank BTN pada kuartal III, meraup pertumbuhan laba Rp 1,02 triliun atau meningkat 3,9% dibanding periode yang sama tahun 2012.

Terus kuatnya pertumbuhan perbankan menjadikan Dahlan yakin bahwa menghadapi ASEAN Econmic Comunity nantinya perbankan Indonesia akan mampu bersaing dengan perbankan di negara kawasan. "Siap..harus siap pkoknya," tutup Dahlan. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank adalah lembaga yang menjadi pilihan yang aman untuk meminjam dan menyimpan uang.

    bank

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan