Sukses

Pemerintah Sering Didemo Mahasiswa, Dahlan: Biar Tidak Otoriter

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini menjadi pembicara dalam "Forum Indonesia Muda" di Taman Wiladatika Cibubur.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini menjadi pembicara dalam "Forum Indonesia Muda" di Taman Wiladatika Cibubur. Acara tersebut diadakan dalam rangka pelatihan dan pendidikan karakter untuk aktifis mahasiswa/BEM.

Dalam acara itu Dahlan mendapatkan pertanyaan dari salah satu perwakilan mahasiswa Universitas Indonesia, perihal tanggapan aksi mahasiswa yang sering melakukan Demo.

Dahlan menjawab. "Pemerintah perlu dikritik agar tidak otoriter," ungkap Dahlan seperti yang disampaikan Kepala Humas Kementrian BUMN, Faisal Halimi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/10/2013).

Dia menilai, mahasiswa perlu melakukan demo karena itu akan menjadi salah satu masukan bagi pemerintah. Selama ini hanya mahasiswalah sebagai elemen masyarakat yang paling kritis.

Namun Dahlan juga menghimbau aktivitas demo juga diimbangi dengan kegiatam diskusi antar kelompok mahasiswa. Hal itu dimaksudkan supaya mahasiswa tidak mudah dimanfaatkan provokator.

"Tapi mahasiswa harus dibarengi dengan diskusi kelompok-kelompok kecil, untuk menghindari mahasiswa dimanfaatkan kelompok-kelompok tertentu yang sudah memiliki agenda. Oleh karena itu mahasiswa harus juga punya agenda, di samping demo sebagai show off force," tegas dia.

Forum Indonesia Muda ini diikuti setidaknya 120 orang mahasiswa dari sebelumnya yang mendaftar 5.695 orang mahasiswa yang berasal dari seluruh universitas di Indonesia. Proses pendidikan dan pelatihan ini akan berlangsung setidaknya selama 1 minggu. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.