Sukses

7 Fakta Menarik Tentang Miliarder

Mliarder umumnya lulusan universitas dan berprofesi sebagai pebisnis. Tetapi tahukah Anda, kebanyakan miliarder di dunia punya dua anak?

Saat ini jumlah miliarder di seluruh dunia tercatat semakin meningkat. Memang tidak mudah untuk menyandang gelar miliarder mengingat Anda setidaknya harus mengantongi uang bernilai US$ 1 miliar atau setara Rp 11,4 triliun.

Umumnya, miliarder merupakan lulusan universitas dan berprofesi sebagai pebisnis. Tetapi tahukah Anda, kebanyakan miliarder di dunia punya dua anak?

Seperti dikutip dari First Post, Kamis (7/11/2013), para miliarder dunia ternyata memiliki banyak kesamaan dan juga menyajikan sejumlah perbedaan. Jika dijabarkan, data mengenai para miliarder ternyata dapat melahirkan fakta-fakta menarik.

Fakta mengejutkan juga datang India yang terkenal memiliki banyak penduduk miskin bahkan berhasil menempati peringkat ke-6 dengan populasi miliarder paling banyak di dunia. Tak hanya itu, menurut laporan kekayaan dari UBS dan Wealth-x.

Berikut tujuh fakta menarik tentang miliarder di seluruh dunia:

1. Seorang miliarder setidaknya punya empat rumah mewah

Menurut laporan kekayaan Wealth-x, total real estate miliarder dunia diprediksi mencapai US$ 169 miliar dengan rata-rata Us$ 78 juta per miliarder. Umumnya, seorang miliarder memiliki empat rumah yang harganya masing-masing bernilai US$ 20 juta.

2. Rata-rata miliarder cuma punya dua anak

Meskipun orang-orang super kaya di Timur Tengah memiliki hampir 24 anak, tapi miliarder kebanyakan hanya memiliki dua anak. Sementara 15% dari miliarder dunia memiliki empat anak.


3. Sumber harta miliarder pria dan wanita berbeda

Bicara soal sumber kekayaan, terdapat perbedaan besar antara miliarder wanita dan pria. Dari 60 pendiri perusahaan yang menjadi miliarder, mayoritas yaitu sekitar 83% pria dan sisanya 17% wanita. Sementara itu 71% miliarder wanita memperoleh hartanya dari warisan.

4. Kapal pesiar, koleksi paling mewah milik miliarder

Barang paling mewah yang dimiliki kebanyakan miliarder adalah kapal pesiar. Menyusul berikutnya adalah pesawat pribadi, karya seni dan berbagai kategori lainnya termasuk barang antik, fashion, perhiasan dan koleksi mobil.

Total barang mewah (selain real estate) milik miliarder di seluruh dunia diprediksi mencapai US$ 126 miliar atau rata-rata US$ 58 juta per miliarder.

5. Miliarder dunia punya tujuan bisnis yang sama

Negara-negara seperti Singapura, Swiss dan Hong Kong menjadi tujuan bisnis orang-orang super kaya saat ini. Tetapi hanya masing-masing sekitar 36%, 34%, dan 25%, miliarder yang tinggal di negaranya tersebut.Tetapi kebanyakan miliarder India (95%) dan China (86%) sangat mencintai negaranya dan memilih berbisnis di dalam negerinya masing-masing.

6. Kebanyakan miliarder suka seni

Para miliarder menaruh minat yang sangat besar pada karya seni. Kebanyakan miliarder juga menaruh hati pada penerbangan, real estate, perjalanan dan golf.

7. Empat miliarder paling kaya di dunia bangun bisnisnya sendiri

Secara global, empat dari miliarder paling kaya dengan jumlah harta di atas US$ 50 miliar membangun perusahaannya sendiri. Keempat orang yang paling kaya di dunia tersebut adalah Bill Gates, Carlos Slim, Amancio Ortega dan Warren Buffet. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini