Sukses

Asuransi Sektor yang Paling Banyak Diadukan ke OJK

OJK banyak menerima pengaduan dari sektor asuransi terutama mengenai klaim asuransi yang tidak dibayarkan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerima total informasi dan pengaduan mencapai 5.800. Adapun pengaduan yang banyak masuk melalui pusat pengaduan OJK atau call center OJK di sektor industri keuangan non bank (IKNB) khususnya asuransi.

"Pengaduan lebih banyak mengarah ke sektor IKNB, khususnya bidang asuransi. Dari total aduan sebanyak 80% dari sektor IKNB," ujar Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Kusumaningtuti ketika ditemui dalam acara seminar nasional yang bertajuk Mekanisme Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (7/11/2013).

Menurut Kusumaningtuti, persoalan asuransi masih banyak yang dikeluhkan oleh konsumen. Kebanyakan pengaduan yang dilakukan mengenai klaim yang tidak dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Pada pekan lalu, OJK menerima tambahan pengaduan mencapai 600.

Kusumaningtuti menjelaskan, adapun persoalan asuransi seperti polis yang belum jelas.  Pemilik asuransi sudah mengklaim, namun tidak di cover oleh perusahaan asuransi.

"Asuransi kebanyakan polis yang tidak jelas, mereka klaim tapi tidak dicover, pemegang polis banyak bilang dicover, tapi kontraknya sudah ada ditandatangani, namun bagian itu tidak bisa, kebanyakan semua asuransi jiwa," kata  Kusumaningtuti. (Dis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Pengaduan Klaim Asuransi

Video Terkini