Sukses

Pemerintah Tawarkan 27 Proyek Senilai Rp 551 Triliun ke Swasta

Pemerintah meluncurkan buku `PPP Project Plant 2013` yang mencantumkan 27 proyek infrastruktur senilai US$ 47,5 miliar atau Rp 551,2 triliun

Demi mendorong pembangunan infrastruktur di Tanah Air, pemerintah menerapkan skema kerja sama pemerintah-swasta (Public Private Partnership/PPP) sebagai sebuah solusi pembiayaan proyek.

Untuk itulah, pemerintah meluncurkan buku `PPP Project Plan 2013` edisi kelima yang mencantumkan 27 proyek infrastruktur senilai US$ 47,5 miliar atau Rp 551,2 triliun dalam acara Indonesian Infrastruktur Confrence & Exhibition 2013.

"Buku ini sendiri merupakan bagian dari pembaharuan tahun proyek PPP yang dicantumkan dalam Buku PPP," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional  Armida S. Alisjahbana saat meluncurkan buku di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Pemerinta juga telah menerapkan buku PPP kemitraan pemerintah dan swasta sebagai salah satu alat pengembangan dalam mempercepat implementasi proyek PPP dalam tiga tahun terakhir.

"Secara internal buku ini memainkan peranan penting dalam merencanakan proyek PPP dan sebagai konsekuensinya harus diselaraskan dan dimasukkan ke dalam sistem penandaan dan perencanaan tahun pemerintah," tuturnya.

Dengan diluncurkanya buku ini diharapkan pemangku kepentingan memperoleh informasi yang luas terkait dengan kebijakan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dan kebijakan berikutnya yang membantu investasi swasta khususnya dalam pengadaan inftastruktur melalui skema PPP.

CEO PT Infrastructur Asia Alan Solowiejczk, menuturkan skema PPP telah menjadi sebuah solusi dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur Indonesia.

"Kebijakan yang mengombinasikan kemampuan pemerintah dan swasta dalam pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat mengakselerasi pembangunan infrastruktur di Indonesia," pungkasnya. (Pew/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini