Sukses

Aksi Nekat Hancurkan Mobil Tuxuci Dahlan Iskan

Selain masalah teknis, Menteri BUMN Dahlan Iskan akhirnya membuka rahasia penyebab kecelakaan mobil listrik pertamanya Tuxuci. Apa itu?

Musibah kecelakaan mobil listrik, Tuxuci, yang dialami Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan di wilayah Magetan Jawa Timur memang sudah terjadi hampir setahun yang lalu. Namun, Dahlan baru berani memberikan pengakuan penyebab utama kecelakaan tersebut baru-baru ini

Di hadapan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang, Dahlan yang tengah memberikan kuliah umum tersebut mengaku salah satu penyebab kecelakaan Tuxuci yang dialaminya dipicu modal nekat yang dilakukannya.

"Kalau yang pertama dulu saya sengaja memang nekat, mengendarai sendiri walau belum ada izinnya, agar menarik perhatian orang, mobil listrik adalah mobil masa depan kita," ungkap Dahlan mengutip keterangan Kepala Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi, Jumat (15/11/2013).

Dahlan mengaku, dirinya selama ini memang terobsesi mengembangkan mobil listrik di Tanah Air. Mantan Direktur Utama PLN ini mengatakan obsesinya itu dilakukan semata-mata untuk menciptakan kemandirian bangsa dan menambah daya saing produk Industri otomotif Indonesia.

Meski memiliki kemampuan mengembangkan mobil konvensional, Dahlan pesimistis produk kendaraan lokal mampu bersaing dengan produsen otomotif yang sudah beroperasi puluhan tahun.

"Makanya mobil listrik yang kita kembangkan, mereka semua sama-sama baru memulainya. Ini kesempatan sekaligus peluang kita untuk mandiri sebagai sebuah bangsa," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dahlan mengaku, lega dengan proses perizinan persetujuan mobil listrik yang tak lagi dikeluarkan Kementerian Perindustrian. Kini produsen mobil listrik bisa mengajukan izin ke Kementerian Riset dan Teknologi.

"Mereka memang ahlinya dibidang tehnologi, sehingga penilai benar-benar ahli dibidangnya," ujarnya. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik