Sukses

Bukan Uang yang Bikin Semangat Karyawan, Tapi Liburan

Dibandingkan uang, liburan ternyata lebih memotivasi karyawan untuk semakin giat bekerja. Kenapa?

Bonus dalam bentuk uang selalu berhasil para mengembangkan senyum di wajah para karyawan. Bahkan kinerja karyawan bisa meningkat pesat setelah menerima insentif atau tunjangan kerja. Tapi faktanya, masih ada faktor lain yang bisa memberi dorongan motivasi lebih kuat.

Seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (16/11/2013), dibandingkan uang, liburan ternyata lebih memotivasi karyawan untuk semakin giat bekerja. Memang, kinerja yang baik dan bonus merupakan timbal balik yang biasa.

Sejumlah penelitian terkini menunjukkan para pegawai menunjukkan respons yang lebih positif saat menerima bonus lain kecuali uang.

Menurut Journal of Economic Psychlogy, awalnya saat diberikan pilihan antara hadiah tunai dan bukan uang, kebanyakan pegawai memilih uang. Namun saat kategori `bukan uang` tersebut dijelaskan secara spesifik, mayoritas pegawai mengubah pilihan pertamanya.

Fakta lain juga menunjukkan bawa insentif dalam bentuk selain uang bisa mendorong produktivitas karyawan lebih baik.

Sementara berdasarkan survei dari Site International Foundation and the Incentive Travel Council, 96% karyawan merasa lebih termotivasi jika perusahaan memberinya paket liburan. 72% pegawai yang juga memenangkan bonus liburan merasa lebih setia pada perusahaan.

Tawaran berlibur telah lama terbukti mampu meningkatkan produktivitas kerja seorang karyawan. Bahkan tak hanya paket liburan, sejumlah perusahaan menyediakan program bantuan biaya pendidikan dan kesehatan bagi para pekerjanya. Semua langkah itu diambill dengan harapan para karyawan bisa lebih termotivasi. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini