Sukses

BI akan Luncurkan Uang Baru NKRI di 2014

Bank Indonesia akan meluncurkan uang baru bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) paling lambat 17 Agustus 2014.

Bank Indonesia akan meluncurkan uang baru bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) paling lambat 17 Agustus 2014.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Ronald Waas memastikan pihaknya bakal meluncurkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun depan.

"Kami akan meluncurkan uang model baru NKRI," tuturnya di sela-sela Pencanangan Gerakan Ekonomi Syariah (Gres) di Lapangan Monas, Jakarta, Minggu (17/11/2013).

Uang model baru tersebut, kata Ronald, bakal memiliki desain berbeda dengan uang-uang rupiah sebelumnya.

"Jadi nanti ada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tetap ada gambar pahlawan tapi yang tanda tangan di rupiah baru itu adalah Gubernur BI dan Menteri Keuangan," jelasnya.

Dia menyebut, uang NKRI itu akan dirilis dengan pecahan seluruh nominal pada tahun 2014. "Pecahannya semua mata uang. Amanahnya, mata uang NKRI sudah harus keluar tanggal 17 Agustus 2014," ucapnya.

Dalam penyebarannya, diakui Ronald, uang lama bakal ditarik secara bertahap. "Uang lama akan tetap berlaku tapi seperti biasa ditarik secara bertahap. Pastinya uang NKRI akan lebih susah dipalsukan," pungkas dia. (Fik/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.