Sukses

Dahlan: Dulu Mobil Listrik Kayak Kuntilanak

Dahlan mengaku senang ada lembaga yang khusus menangani pengembangan mobil listrik.

Ambisi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengembangkan mobil listrik tak pernah pudar. Meski mobil listrik generasi pertama Tuxuci hancur, Dahlan kini kembali melakukan uji layak jalan terhadap dua generasi mobil listrik yang dikembangkannya.

Kedua mobil listrik yang diberi nama Selo dan Gendhis rencananya akan melakukan perjalanan jauh antar kota layaknya mobil listrik generasi pertama 'Tuxuci'.

"Mobil listrik tanggal 20 (November) kemarin sampai 26 (November) Menristek sedang melakukan pengujian di 5 kota, saat ini lagi di Jogja, saya pengen menengok tapi belum sempat," ungkap Dahlan di Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Gelaran ujicoba di lima kota tersebut sengaja dilakukan sebagai bagian dari sosialisasi mobil listrik ke masyarakat luas. Selama ini, pengetahuan masyarakat mengenai kendaraan masih didominasi mobil yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dahlan mengakui dirinya senang dengan proses permohonan pengembangan mobil listrik yang dilakukan melalui Kementrian Riset dan Teknologi. Kepastian tersebut diperolehan pekan lalu.

"Dulu kan mobil listrik sebelumnya kayak kuntilanak, ada yang bilang di Kementrian Perhubungan, Menristek, atau Perindustrian, ini kan berpijaknya tidak jelas. Akhirnya minggu lalu mobil listrik sudah menjadi urusan Menristek," katanya.

Kegembiraannya itu diakuinya juga karena visi dan misi Menristek dalam mengawal pengembangan mobil listrik dinilai selaras dengan keinginan Dahlan.

"Karena semangatnya Meristek itu bagaimana memajukan teknologi dalam negeri. Saya senang sekali itu," tutup Dahlan. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

Video Terkini