Sukses

Newmont Pasok Konsentrat Tembaga ke Nusantara Smelting

Newmont akan memasok konsentrak tembaga ke pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) mineral milik PT Nusantara Smelting.

PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) akan memasok konsentrak tembaga ke pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) mineral milik PT Nusantara Smelting. Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian jual beli bersyarat konsentrat (conditional sales purchase agreement CSPA) antara kedua belah pihak.

"CSPA merupakan jalan keluar terbaik bagi semua pihak yaitu Nusantara Smelting, Newmont dan pemerintah," ujar Presiden Direktur Newmont Martiono Hadianto di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Martiono menjelaskan, Newmont memilih memasok konsentrat ke smelter di dalam negeri karena produksi konsentrat perseroan masih berfluktuatif. Padahal, proyek smelter baru ideal jika memiliki pasokan konsentrat yang konstan.

"Rencana Nusantara Smelting untuk membangun kapasitas pengolahan dan pemurnian ini sesuai dengan yang tertuang dalam UU Minerba," lanjutnya

Dia mengaku Newmont  telah memaksimalkan penjualan konsentrat ke PT Smelting yang mengoperasikan satu-satunya smelter tembaga di Indonesia yaitu di Gresik, Jawa Timur. Saat ini Newmont menjual sekitar 20% produksi konsentrat tahunannya ke PT Smelting.

"Seperti diamanatkan dalam kontrak karya, kami mengolah batuan bijih dari tambang menjadi konsentrat tembaga di Batu Hijau dan kami mengirimkan konsentrat kami ke PT Smelting sebanyak yang dapat mereka olah," tandasnya.

Newmont memulai kegiatan operasinya pada 2000 dengan memenuhi kewajiban kewajiban kontrak karya untuk memproduksi konsentrat tembaha di Indonesia dengan mengolah bijih mentah di lokasi tambangnya menjadi konsentrat tembaga melalui proses peremukan, penggerusan dan pengapungan. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini