Sukses

Susah Cari Kerja? Lakukan 4 Hal Ini

Para pelamar kerja perlu meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri sebelum mengirimkan surat lamaran ke perusahaan.

Persaingan dalam mencari pekerjaan semakin hari semakin ketat. Bahkan para pelamar berkompetensi tinggi pun masih jarang memperoleh panggilan dari perusahaan yang diminatinya. Tak perlu khawatir, masih banyak hal yang bisa Anda lakukan selama mencari kerja.

Seperti dikutip dari Careerealism, Jumat (29/11/2013), saat ini, banyak perusahaan yang kesulitan menerima pegawai dengan kemampuan kerja yang diharapkan. Maka para pelamar kerja perlu meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri sebelum mengirimkan surat lamaran ke perusahaan.

Untuk itu, berikut empat hal yang perlu dilakukan jika Anda kesulitan mencari kerja:

1. Tingkatkan kemampuan kerja

Pelajari kemampuan yang masih belum Anda miliki untuk masuk ke perusahaan yang diinginkan. Selama menganggur, pastikan Anda belajar banyak hal untuk meningkatkan kemampuan kerja pribadi.

Saat ini, banyak sumber-sumber online termasuk tutorial untuk melengkapi keterampilan kerja. Jangan lupa mempraktekannya, maka kemampuan Anda semakin terasah.

2. Menambah jaringan

Terdapat dua bagian dalam membentuk jaringan karir yaitu, menghubungi teman-teman lama dan mencari kawan baru. Semua hal itu tergantung pada impian karir Anda.

Berhubungan dengan orang baru dapat dilakukan dengan cara mengikuti acara-acara seminar atau workshop. Di sana Anda dapat bertemu dengan perwakilan dari sejumlah sektor industri. Penting bagi Anda berhubungan dengan teman-teman lama baik lewat email atau langsung meneleponnya. Tak menutup kemungkinan, salah satu orang yang dihubungi dapat menjadi jembatan untuk menemukan karir yang tepat.

3. Menjadi pekerja lepas

Beberapa pencari kerja biasanya tertarik untuk menjadi pekerja lepas. Cara ini dapat membantu meningkatkan kemampuan, jaringan kerja, pendapatan dan pastinya kepercayaan diri.

4. Aktif di media online

Tak perlu langsung di dunia nyata, biasakan untuk aktif juga di media online. Lewat jejaring sosial, seperti Twitter, Blog, Facebook, LinkedIn, Anda dapat menunjukan profil pribadi yang dapat menunjang karir. Jika Anda memiliki Twitter, follow perusahaan-perusahaan yang Anda minati dan pelajari profilnya.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.