Sukses

Pembangunan Proyek Monorel Bekasi-Cawang Terkatung-katung

Pembangunan proyek monorel jalur Bekasi-Cawang yang akan dilakukan PT Adhi Karya (Persero) Tbk hingga saat ini masih belum jelas.

Pembangunan proyek monorel jalur Bekasi-Cawang yang akan dilakukan PT Adhi Karya (Persero) Tbk hingga saat ini masih belum jelas alias terancam mangkrak.

Direktur Utama PT Adhi Karya Kiswodarmawan mengungkapkan hal ini karena pembangunan masih terkendala soal perizinan dari pemerintah.

"Kita masih tunggu perizinannya karena keputusan resminya ada di tangan pemerintah pusat. Kita tidak bisa membangun tanpa Perpres," ungkap dia di Kantor Pusat Adhi Karya, Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Proses perizinan sebenarnya sudah diajukan Adhi pada 2012 lalu ke pemerintah pusat, namun hingga menjelang tutup tahun 2013 proses perizinan masih tertahan di Kementerian Perhubungan selaku kementrian teknis.

Kiswo mengaku sebenarnya perusahaan mentargetkan pemancangan tiang pertama (ground breaking) mampu dilakukan di kuartal III tahun ini, namun mengingat lamanya proses birokrasi hal itu dinilai mustahil.

"Maunya saya antara kuartal ke-III atau ke-IV tahun 2013 itu sudah jalan tetapi Perpres sampai sekarang belum ada. Sekarang masih di Kemenhub sebagai Kementerian teknis," jelas Kiswo.

Rute yang akan dibangun Adhi ini merupakan rute antar kota yang menghubungkan Bekasi Timur - Cawang sepanjang 18,1 km, Cibubur - Cawang 13,7 km dan Cawang - Kuningan 7,17 km. Total panjang ketiga rute tersebut mempunyai panjang 39,03 km.

Lebih lanjut Kiswo mengatakan proyek monorel ini akan menjadi salah satu proyek yang akan digeber di tahun 2014 mengingat sudah dianggarkan dana sebanyak Rp 257 miliar.

"Ini salah satu proyek yang akan kita kejar tahun depan selain proyek konstruksi yang lain, kalau bisa di awal tahun sudah mulai pembangunan," pungkas dia. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini