Sukses

Tamu Misterius Gentayangan Beri Tips Ratusan Juta Rupiah

Aktivitas menyumbang tip oleh tamu misterius ini sudah berlangsung sejak September lalu.

Para pelayan restoran di Amerika Serikat (AS) tengah dihebohkan dengan kemunculan dermawan misterius sejak empat bulan terakhir. Sosok misterius yang belum terungkap identitasnya ini diketahui senang memberi tip kepada pelayan dalam nilai jutaan rupiah.

Bahkan sejak September, sosok dermawan misterius telah merogoh kocek hingga US$ 54.000 atau setara Rp 641,9 juta untuk diberikan sebagai uang tip bagi para karyawan restoran dan bar di seantero AS.

Seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (3/12/2013), para pegawai dari Ann Arbor hingga Los Angeles cukup beruntung karena menerima tip dalam jumlah besar. Semua tip yang diberikan tamu misterius tersebut selalu berjumlah di atas US$ 1.000 atau setara Rp 11,8 juta.

Pemberi tips mengklaim uang yang diberikannya sebagai hadiah dengan mengunggah foto-foto bon pembayarannya di lama Instagram. Foto-foto tersebut diunggah dengan menggunakan akun @tipsforjesus.

Nama akun tersebut juga selalu ditulis di setiap struk pembayaran restoran tempat dirinya meninggalkan tips dalam jumlah besar. Meski demikian, masih belum jelas apakah pemberi tips tersebut adalah orang yang sama atau tergabung dalam sebuah komunitas bersama.

Salah satu tips dalam jumlah besar diterima pelayan dari Legends of Notre Dame, restoran di University of Notre Dame. Sang tamu misterius itu meninggalkan tips senilai US$ 5.000 atau setara Rp 59,4 juta. Padahal total biaya yang harus dibayar hanya bernilai US$ 84,5.

Tak hanya itu, sebuah restoran lain juga menerima tip sebesar US$ 5.000 untuk tagihan senilai US$ 164,5.

"Kami semua melihat tips tersebut dan bertanya-tanya apakah ini hanya lelucon. Kami teramat sangat terkejut dan kami tidak ingin terlalu bahagia karena sebelumnya tak ada tip sebesar ini," ungkap mantan Bartender di Legends Ashley Rust.

Dia menjelaskan, tagihan tersebut dibayar tiga orang pria yang salah satunya mengenakann seragam USC. Meski begitu, ketiganya mengaku datang dari California.

Rangkaian pembayaran tip misterius tersebut diawali pada Agustus saat seorang karyawan di bar Ogdenm Utah mengaku menerima uang senilai US$ 1.000 dari seorang tamu. Pria muda itu menggunakan kartu Express Centurion, kartu hitam yang sangat ekslusif dan hanya bisa dimiliki orang-orang tertentu.

Siapapun orang di balik @tipsforjesus, pemilik akun media sosial ini mengaku bertanggung jawab untuk terus menggulirkan tip dalam jumlah besar. Diberitakan news.com.au, hingga saat ini, pemberi tip misterius tersebut telah menggelontorkan tip sejumlah US$ 54.000 atau setara Rp 641,9 juta pada para karyawan restoran dan bar di seantero AS.(Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini