Pertamina Mulai Bangun Gedung Pencakar Langit Tertinggi di RI

  • Energi & Tambang
  • 0
  • 09 Des 2013 07:26

Salah satu mimpi PT Pertamina (Persero) memiliki gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia akan segera terwujud. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung itu yang akan dilakukan pada hari ini Senin (9/12/2013) pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, gedung yang bakal dibangun Pertamina itu akan disebut Pertamina Energy Tower. Gedung ini dibangun di Kawasan Rasuna Episentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Menara kebanggaan perusahaan energi pelat merah itu rencananya akan dibangun dengan ketinggian 530 meter yang akan berfunsgi sebagai kantor pusat Pertamina dan anak-anak usahanya. Dengan ketinggian tersebut, gedung itu akan menjadi gedung tertinggi di Indonesia.

Menurut hasil survei Emporis pada September 2013, gedung tertinggi di Indonesia saat ini masih dipegang Ciputra World Hotel Tower Jakarta, 49 lantai dengan tinggi 257 meter, kemudian disusul Wisma 46 lantai dengan tinggi 250 meter dan BCA Tower Jakarta 56 lantai dengan tinggi 230 meter.

Bangunan yang memiliki 99 lantai itu dibangun di atas lahan seluas 5,7 hektare. Setelah selesai dibangun, Gedung itu nantinya bisa menampung 23 ribu orang pekerja serta dilengkapi parkir untuk 4.000 mobil dan 3.300 sepeda motor.

Pembangunan gedung pencakar langit tersebut diperkirakan menghabiskan dana US$ 850 juta atau sekitar Rp 10 triliun. (kurs: Rp 11.964 per dolar AS)

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan pernah mengungkapkan, proses pembangunan Pertamina Energy Tower akan berlangsung selama 2 tahun.

"Nanti terletak di Kuningan dan berdiri dengan 99 lantai. Ada fasilitas sport center, masjid dan lainnya," ujar dia beberapa waktu lalu. (Pew/Ndw)

Credit: Ndw


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler