Sukses

Pertamina Sewa Konsultan Langganan Gedung-gedung Tertinggi Dunia

Pertamina mulai mewujudkan mimpi besarnya menjadi perusahaan kelas dunia. Salah satunya adalah membangun menara tertinggi di dunia.

PT Pertamina (Persero) memulai pelaksanaan konstruksi proyek gedung Pertamina Energy Tower yang akan menjadi gambaran transformasi perusahaan menjadi World Class Energy Company sekaligus satu landmark baru Ibu Kota.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mengatakan, Pertamina Energy Tower nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan ruang kantor bagi Pertamina dan seluruh anak perusahaan dengan kapasitas sekitar 23 ribu orang pekerja.

"Gedung kebanggan perusahaan energi plat merah tersebut akan dibangun dengan ketinggian 530 meter,99 lantai dan luas total banguna 540 ribu meter persegi diatas lahan seluas 5,7 ha," kata Karena saat memulai pembangunan Pertamina Tower Energy, di kawasan Kuningan Jakarta, Senin ( 9/12/2013).

Pertamina tampaknya tak main-main dengan mimpi besarnya tersebut. Konsultan kelas dunia, Skidmore Owing Merrill (SOM) digandeng sebagai pensehat utama dari proyek yang bakal mengalahkan Petronas tersebut. Tak berhenti disitu, Pertamina juga menggandeng Turner International sebagai konsultan project management. Kedua konsultan ini memang terkenal sebagai perusahaan yang menggarap proyek-proyek fenomenal. 

Dari penelusuran Liputan6.com, SOM merupakan konsultan proyek infrastruktur yang memang telah mendunia. SOM diketahui telah membidani lahirnya 6 dari 10 gedung tertinggi di dunia. Bahkan salah satu gedung tertinggi di dunia, Burj al-Khalifa, pernah ditangani oleh SOM.

Adapun, dari dalam negeri proyek ini melibatkan PT Airmas Asri sebagai konsultan arsitek dan PT Wiratman & Associates sebagai konsultan struktur, KSO PT Pembangunan Perumahan dan PT Hutama Karya sebagai pelaksana proyek Central Energy Plant.

Dengan tinggi menjulang hingga 530 meter, Pertamina Energy Tower nantinya bakal menggeser menara kembar Petronas yang merupakan gedung tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Berikut 6 dari 10 gedung tertinggi yang pernah dibangun SOM:

1. Al Hamra Firdous Tower
Lokasi: Kuwait City
Beroperasi: 2011
Tinggi: 412 meter

2. Jin Mao Building
Lokasi: Shanghai
Beroperasi: 1999
Tinggi: 421 meter

3. Trumph International Hotel & Tower
Lokasi: Chicago
Beroperasi: 2009
Tinggi: 423 meter

4. Willis Tower (Sebelumnya bernama Shers Tower)
Lokasi: Chicago
Beroperasi: 1974
Tinggi: 442 meter

5. Zifeng Tower
Lokasi: Nanjing
Beorperasi: 2010
Tinggi: 450 meter

6. Burj al Khalifa
Lokasi: Dubai
Beroperasi: 2010
Tinggi: 828 meter
(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.