Sukses

Obama Sebut Pengusaha Kecil Paling Diuntungkan Pertemuan WTO

Presiden AS Barack Obama mengapresiasi gebrakan WTO atas terwujudnya kesepakatan dagang global pertamanya sejak berdiri hampir 20 tahun.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengapresiasi gebrakan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atas terwujudnya kesepakatan dagang global pertamanya sejak berdiri hampir 20 tahun. Pengusaha skala kecil dinilai akan menjadi pihak yang paling diuntungkan atas kesepakatan ini.

WTO juga dinilai sukses mengatasi dua tantangan besar berupa penolakan yang datang dari India dan empat negara Amerika Latin yang dipimpin Kuba.

"Kami bangga dengan peran kepemimpinan AS dalam mencapai kesepakatan ini, dan selamat bagi Direktur Jenderal WTO Roberto Carvalho de Azevedo dan anggota WTO lainnya atas prestasi ini," ungkap Obama dari Gedung Putih seperti mengutip laman Politico, Senin (9/12/2013).

Setelah melalui diskusi yang cukup alot, WTO akhirnya berhasil mengesahkan kesepakatan dagang yang tertuang dalam Paket Bali pada Sabtu pekan kemarin. Kesepakatan tersebut diprediksi dapat menyumbang US$ 1 triliun pada ekonomi global.

"Kesepakatan baru ini, yang berisi sejumlah perjanjian fasilitas perdagangan baru, akan menghapuskan hambatan birokrasi yang selama ini melambatkan pergerakan barang di seluruh dunia," jelas dia.

Dia juga mengatakan, para pengusaha kecil merupakan salah satu pemenang dalam kesepakatan ini karena sistem navigasi yang menjadi kesulitan terbesarnya telah berhasil diatasi.

Sementara beberapa analis lain mengatakan, nilai kesepakatan WTO tersebut dapat berharga ratusan miliar dolar dalam waktu dekat.

"Paket Bali WTO ini juga meremajakan sistem perdagangan multilateral dapat mendorong lowongan pekerjaan AS, dan menawarkan forum untuk mendorong hak-hak perdagangan AS," tutur orang nomor satu di AS tersebut.

Elemen terbesar dari Paket Bali adalah kesepakatan fasilitas dagang yang membuat pergerakan barang di seluruh dunia semakin mudah dengan penghapusan aturan birokrasi dan penyederhanaan prosedur bea cukai.

Selain itu mendorong perdagangan dunia, paket tersebut dapat mengurangi korupsi dengan menghapuskan peluang kriminal para pegawai bea cukai.

Di dalamnya terdapat aturan pertanian yang mendorong terhapusnya subsidi ekspor dan tarif administrasi yang lebih baik. Aturan yang baru ditujukan untuk mendorong lebih banyak impor dengan adanya batasan kuota.

Wakil Perdagangan AS Michael Froman yang juga berperan besar dalam terselenggaranya Paket Bali saat ini memboyong timnya ke Singapura untuk melanjutkan upaya Obama melengkapi kesepatan dagang 12-country Pacific Rim. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini