Sukses

Apa Saja Keistimewaan Menara Tertinggi RI Pertamina Tower?

Pertamina Energi Tower dirancang untuk menjadi salah satu green buidling di Indonesia dengan sertfikat level platinum. Apa keistimewaannya?

Mimpi Indonesia untuk memiliki salah satu menara tertinggi dunia bakal segera terwujud. Perusahaan minyak terbesar di Indonesia, PT Pertamina (Persero) hari ini memulai pembangunan Pertamina Energy Tower dengan tinggi 530 meter, mengalahkan gedung kebanggaan Malaysia, Petronas.

"Gedung kebanggaan Pertamina ini akan dibangun dengan ketinggian 530 meter, 99 lantai dan luas total bangunan 540 ribu meter persegi," kata Karena saat memulai pembangunan Pertamina Tower Energy, di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (9/12/2013).

Rencananya gedung Pertamina Energy Tower ini dibangun di Kawasan Rasuna Episentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. Menara kebanggaan perusahaan energi pelat merah itu rencananya akan dibangun dengan ketinggian 530 meter. 

Pertamina rencananya akan mengfungsikan menara tersebut sebagai kantor pusat Pertamina dan anak-anak usahanya. Dengan ketinggian tersebut, gedung itu akan menjadi gedung tertinggi di Indonesia.

Pertamina tower akan dilengkapi dengan fungsi-fungsi penunjang, seperti masjid berkapasitas 5 ribu orang, convention hall, energy center dan fasilitas olah raga.

Tak hanya itu, Pertamina Energy Tower juga akan menjadi kampus terintegrasi dengan konsep dan dukungan tehnologi bangunan ramah lingkungan. Pertamina bahkan akan menjadikan gedung ini sebagai salah satu Green Building di Indonesia dengan target memperoleh sertifikasi green building dari the Green Building Certificarte Institute pada level platinum. 

Untuk memperoleh sertifikat tersebut, Pertamina Energy Tower harus dilengkapi dengan zero water run-off dan water recycle, renewable energy showcase, dan kawasan berupa areal terbuka hijau.

Seperti diketahui, ambisi Pertamina membangun menara tertinggi di tanar air tak dibuat sembarangan. Pertamina bahkan menyewa konsultan ternama asal dunia, Skidmore, Owings & Merrill LLP (SOM).

SOM selama ini terkenal sebagai konsultan yang membangun 6 dari 10 menara tertinggi di dunia. Salah satu gedung pencakar langit yang dibidaninya adalah Burj Al Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.(Pew/Shd)

Baca Juga:

1. Pertamina Mulai Bangun Gedung Pencakar Langit Tertinggi di RI
2. Pertamina Energi Tower Kalahkan Tinggi Menara Kembar Petronas
3. Karen Ingin Pertamina Energy Tower Jadi Ikon Jakarta
4. Pertamina Sewa Konsultan Langganan Gedung Gedung Tertinggi Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.