Sukses

Ini Penampakan Pencakar Langit Tertinggi Pertamina Energy Tower

Pertamina Energy Tower dibangun arsitek konsultan yang membangun gedung pencakar langit tertinggi Burj al Khalifa

Jika tak ada aral melintang, kemegahan menara kembar Petronas yang selama ini menjadi pencakar langit tertinggi di ASEAN bakal segera meredup. Munculnya ide pembangunan menara Pertamina Energy Tower menjadi pemicunya.

Menggandeng konsultan arsitektur ternama dunia, Skidmore, Owing & Merrill (SOM) LLP, Pertamina bakal mewujudkan sebuah gedung pencakar langit dengan tinggi 530 meter. Ketinggian yang cukup untuk menumbangkan dominasi Petronas.

Berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta, Pertamina Energy Tower akan menjadi markas baru bagi perusahaan minyak terbesar milik pemerintah tersebut. Lebih dari 23 ribu pegawai Pertamina dan anak usahanya akan boyongan ke gedung terbaru tersebut.

Berikut adalah penampakan dari Pertamina Energy Tower yang digadang menjadi gedung pencakar langit tertinggi ketiga dunia:

1. Pertamina Energy dibangun setinggi 530 meter. Gedung ini akan menjadi yang tertinggi di Indonesia dan tertinggi ke-3 di dunia.




2. Pembangunan Pertamina Energy Tower menggandeng arsitek pembuat gedung tertinggi dunia Burj al Khalifa, Skidmore, Owing & Merrill (SOM) LLP.




3. Tak hanya tinggi dan megah, Pertamina Energy juga digadang menjadi green building dengan sertifikat berlevel platinum.




4. Sekilas, rupa gedung Pertamina Energy seolah berupa menara kembar dengan garis pembelah dua bangunan. Petronas sendiri dibangun dengan konsep menara kembar yang terhubungkan oleh jembatan di lantai teratasnya.




5. Pertamina akan membangun gedung penunjang dengan dana Rp 200 miliar.




6. Pembangunan menara inti Pertamina Energy akan melalui proses lelang internasional (international bidding).




7. Sebagai markas baru, Pertamina akan menyerahkan gedung lama kepada pemerintah. Kemungkinan kantor pusat Pertamina yang lama akan digunakan Kementerian ESDM.


(Pew/Shd)

Baca Juga:

1. Pertamina Energi Tower Kalahkan Tinggi Menara Kembar Petronas
2. Karen Ingin Pertamina Energy Tower Jadi Ikon Jakarta
3. Pertamina Sewa Konsultan Langganan Gedung Gedung Tertinggi Dunia
4. Apa Saja Keistimewaan Menara Tertinggi Pertamina Tower
5. Kantor Pusat Pertamina Pindah ke Pertamina Energy Tower
6. Dana Awal Bangun Menara Tertinggi, Pertamina Rogoh Rp 200 Miliar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini