Sukses

Bermodal Rp 30 Juta, Jufri Borong 9 Barang Lelang Negara

Jufri Saad rela terbang dari Bali ke Jakarta untuk mengikuti lelang barang gratifikasi. Dia sukses memborong 9 barang senilai Rp 30 juta.

Jufri Saad, seorang pengusaha rela terbang dari Bali ke Jakarta untuk menghadiri acara lelang barang gratifikasi yang digelar Direktorat Jenderal (Ditjen) Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu (11/12/2013).

Pria berusia 51 tahun ini mengaku sudah empat kali mengikuti lelang barang gratifikasi.  Pada lelang kali ini, Jufri rela merogoh kocek hampir Rp 30 juta demi mendapatkan sembilan barang gratifikasi. Angka ini sekitar 41,5% dari total dana yang diraup dari penjualan barang-barang gratifikasi sebesar Rp 72,28 juta. (Baca Juga: Lelang Barang Gratifikasi Raup Duit Rp 72 Juta)

Adapun ke-9 barang yang diborong Jufri yaitu Lukisan berjudul Panen Buah, logam mulia emas, telepon selular bermerek Blackberry Curve 8520, jam tangan merek Swiss Army,  kalung mutiara, sajadah, mug kopi, keramik dan telepon seluler merek Balckberry Bold 9900.

"Hampir Rp 30 juta, saya sudah niat dari rumah. Saya sedang di Bali langsung terbang untuk mengikuti acara ini," kata Jufri saat berbincang dengan Liputan6.com usai menghadiri lelang, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2013).

Jufri tergolong peserta yang berani mengeluarkan uang banyak demi mendapatkan barang yang disukainya.  Salah satu yang paling bombastis yaitu, sajadah yang dibelinya seharga Rp 1,6 juta dari harga awal yang ditawarkan panitia lelang Rp 88 ribu.

Pria yang berprofesi sebagai penjual besi tua ini juga membeli lukisan wajah Menteri Pertanian Suswono yang berjudul Panen Buah karya Men Sagan seharga Rp 7,6 juta, dari harga penawaran Rp 5,62 juta.

"Kalau lukisan saya incar karena Menteri Suswono," tegasnya.

Jufri mengaku telah memiliki dua barang gratifikasi milik Suswono, yang pertama adalah sebuah arloji merek Rolex yang didapatnya saat mengikuti lelang barang hasil gratifikasi tiga tahun lalu.

"Jam Rolex itu juga barang gratifikasi. Saya ikut lelangnya tiga tahun lalu di Kementerian Luar Negeri," ungkap warga Joglo, Jakarta ini.

Dia menyatakan barang yang dibelinya di acara lelang tersebut tidak akan dijual kembali, tapi akan dipakai untuk kepentingan pribadi. Jufri merasa memiliki kepuasan tersendiri saat mendapatkan barang bagus dengan harga murah.

"Kalau saya senang saja. Kesenangan itulah yang tidak bisa dinilai dengan uang," tuturnya. (Pew/Ndw)

Baca juga:


Dilelang Rp 88 Ribu, Sajadah Ini Terjual Rp 1,6 Juta

Lelang Barang Gratifikasi Raup Duit Rp 72 Juta

5 Barang Lelang Gratifikasi KPK yang Tidak Laku

Lukisan Wajah Mentan Suswono Ikut Dilelang Hari Ini

Ini Alasan Gitar `Metallica` Jokowi Tidak Ikut Dilelang

Gitar `Metallica` Punya Jokowi Cuma Dipajang di Acara Lelang

Yuk Datang ke Senayan, Hari Ini Ada Lelang 78 Barang Gratifikasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini