Sukses

Grup Bakrie Keluar, Rothschild Kembali Masuk ke Bumi Plc

Nathanile Rothschild akan kembali masuk ke Bumi Plc dengan mencalonkan diri sebagai Direktur Independen Bumi Plc.

Manajemen Bumi Plc melakukan perjanjian dengan Nathaniel Rothschild untuk mencalonkan diri sebagai Direktur Independen Bumi Plc. Seiring rencana grup Bakrie yang akan keluar dari Bumi Plc, Rothschild telah menunjukkan keinginan untuk kembali masuk ke Bumi Plc.

Ia pun mendukung langkah grup Bakrie untuk berpisah dari Bumi Plc. Dalam situs Bumi Plc, seperti ditulis Senin (16/12/2013), Rothschild mengatakan, prioritas pertamanya untuk melindungi kepentingan pemegang saham independen Bumi Plc. Pihaknya pun telah berdiskusi dengan Samin Tan dan Nick von Schirnding untuk bersatu sehingga memberikan nilai untuk semua pihak.

"Dengan pemikiran, cara terbaik yang saya dapat saat ini mempengaruhi Perseroan adalah untuk mencalonkan direktur dalam dewan independen agar dapat mewujudkan nilai. Saya telah melakukan diskusi dengan Samin Tan dan Nick Von Schirnding," kata Rothschild.

Pencalonan direktur independen Rothschild ini menunggu evaluasi dari Komite Nominasi Perusahaan yang sesuai dengan kode tata kelola perusahaan Inggris.

Rencana ini juga memerlukan persetujuan pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan pada 17 Desember 2013. Dalam RUPS juga akan meminta persetujuan pemisahan grup Bakrie dari Bumi Plc.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Bumi Plc, Nick von Schrinding mengatakan, dirinya sangat senang Nat Rothschild, pemegang saham pendiri telah memilih untuk mendukung pemisahan grup Bakrie.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan nominasi direktur independen. Perjanjian ini akan membantu kami memberikan nilai transaksi untuk kepentingan terbaik dari semua pemegang saham. Kami semua menerima direksi independen sebagai cara terbaik untuk memberikan nilai bagi pemegang saham," kata Nick.

Adapun Rothschild memiliki 15% saham di Bumi Plc. Sementara itu, Samin Tan pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal Tbk memiliki 23,8%. Grup Bakrie memiliki 23,8% saham Bumi Plc.

Sebelumnya Samin Tan telah memperoleh pinjaman sebesar US$ 223 juta dari bank Austria Raiffesen Bank International AG. Pinjaman ini akan digunakan untuk membeli 23,8% saham Bumi Plc dari grup Bakrie.

Total transaksi grup Bakrie untuk mengambilalih saham PT Bumi Resources Tbk dari Bumi Plc senilai US$ 501 juta. Dana itu harus dibayar tunai. Grup Bakrie merogoh dana sebesar US$ 278 juta dan Samin Tan mengeluarkan kocek sekitar US$ 223 juta untuk mengambilalih saham tersebut. (Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.