Sukses

10 Negara Paling Dermawan di Dunia (II)

Selain untuk mengatasi bencana, dana tunai yang digelontorkan negara maju juga untuk membantu pengentasan kemiskinan dan masalah kesehatan.

Bencana alam yang dihadapi Filipina dan sejumlah negara berkembang lainnya tak luput dari perhatian sejumlah negara maju seperti Amerika Serikat (AS) dan Jerman. Untuk membantunya, negara-negara maju itu rela menyumbangkan dana hingga triliunan rupiah.

Seperti dikutip dari The Richest, Selasa (17/12/2013), selain untuk mengatasi bencana, dana tunai yang digelontorkannya biasanya dimanfaatkan negara-negara berkembang untuk mengentaskan kemiskinan dan persoalan kesehatan. Selain itu banyak dananya disumbangkan untuk mengoptimalkan perekonomian di setiap negara.

Meski demikian, negara maju bahkan mendirikan sejumlah badan pemerintahan guna menentukan jumlah dana yang disumbangkan. Langkah ini diambil guna mengoptimalkan pemanfaatannya.

Hingga saat ini, sejumlah proyek dunia telah menikmati guliran dana sumbangan tersebut. Lengkapnya, berikut 5 dari 10 negara paling dermawan di dunia:

(Baca juga: 10 Negara Paling Dermawan di Dunia bagian I)




6. Kanada

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jumlah donasi: US$ 5,68 miliar

Untuk membantu negara-negara berkembang, Kanada tak segan-segan menyumbangkan 0,32% dari PDBnya. Kanada merupakan salah satu negara yang membantu Filipina bangkit dari kehancurannya paska badai.

Kanada mengirimkan pasokan makanan dan bantuan medis untuk membantu penduduk lokal yang membutuhkan. Berkat bantuannya, sekarang Kanada mampu membenahi kembalinya dalam beberapa bulan ke depan.




7. Belanda

3 dari 6 halaman

Jumlah donasi: US$ 5,52 miliar

Negara ini merupakan salah satu pemain penting dalam penyediaan bantuan bagi negara-negara berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Belanda telah membantu mengurangi kemiskinan di sejumlah negara di dunia.

Para pemimpin di negara ini mengeluarkan dana untuk mengembangkan ekonomi di negara-negara berkembang. Selain itu, dananya ditujukan untuk membantu setiap rakyat negara berkembang untuk meningkatkan kualitas hidupnya.




8. Australia

4 dari 6 halaman

Jumlah donasi: US$ 5,44 miliar

Negara ini berani menyumbangkan dana hingga US$ 5,44 miliar atau setara 0,36 PDB-nya. Baru-baru ini, Australia menyediakan dana tunai untukberbagai program bantuan di berbagai bidang.

Salah satu proyek terbesarnya adalah program pengembangan agrikultur yang menawarkan orang utnuk mengembangkan lahan pertanian. Namun saat ini isu pemangkasan dana bantuan Australia menjadi topik yang hangat diperbincangkan.




9. Swedia

5 dari 6 halaman

Jumlah donasi: US$ 5,24 miliar

Salah satu negara yang menyumbangkan dananya dalam jumlah besar adalah Swedia. Pemerintahnya menyediakan dana sebesar US$ 5,24 miliar atau setara 0,99% untuk berbagai program.

Negara tersebut memiliki dewan khusus untuk penyediaan bantuan, International Development Cooperation Agency yang menentukan jumlah uang yang disumbangkan. Swedia berupaya mendekati negara-negara berkembang lewat dana sumbangannya.




10. Norwegia

6 dari 6 halaman

Jumlah donasi: US$ 4,75 miliar

Pemerintah Norwegia menyediakan dana sebesar US$ 4,75 miliar atau setara 0,93% untuk membantu negara-negara berkembang. Negaranya telah menjadi pemeran aktif penyumbang berbagai proyek di seluruh dunia.

Norwegia juga menjadi penyumbang Filipina dan membantu pemerintahnya menangani korban badai Haiyan. Norwegia telah menjadi rekan global dalam membantu pengembangan negara-negara berkembang di dunia.

 
(Sis/Ndw)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.