Sukses

Pemegang Saham Setuju Grup Bakrie Cerai dengan Bumi Plc

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bumi Plc telah menyetujui pemisahan grup Bakrie dengan Bumi Plc.


Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Bumi Plc telah berlangsung lancar pada 17 Desember 2013. Hasil rapat itu memutuskan grup Bakrie untuk berpisah dengan Bumi Plc, dan akan segera berganti nama menjadi Asia Resources Minerals Plc.

Penyelesaian pemisahan grup Bakrie dengan Bumi Plc diharapkan selesai pada akhir Januari 2014. Manajemen perusahaan mengharapkan pemisahan ini dapat membuat awal baru sehingga dapat menciptakan nilai melalui pengembangan kegiatan penambangan batu bara di Berau dalam jangka pendek.

"Hasil ini membawa semua pihak bersama-sama dan menciptakan transaksi yang membuat pemegang saham bersatu dengan melewati proses yang panjang dan sulit. Saya berterima kasih kepada para pemegang saham atas dukungannya," ujar CEO Bumi Plc, Nick von Schirnding, seperti dikutip dari situs Bumi Plc, Rabu (18/12/2013).

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya akan berkonsentrasi untuk mengembangkan operasional Berau. Saat ini perseroan memproduksi 23 juta ton batu bara.

"Visi kami adalah menjadi perusahaan batu bara Inggris terkemuka dengan fokus pada pertumbuhan pasar Asia," kata Nick.

Nick menambahkan, proses pemisahan grup Bakrie dengan Bumi Plc akan selesai pada akhir Januari 2014. Dengan asumsi tersebut, manajemen mengharapkan, setidaknya dana US$ 400 juta kembali kepada pemegang saham.

"Kami berencana mengoptimalkan pertumbuhan dengan pemotongan biaya dan optimalkan produksi. Ke depan juga ada indepent chairman baru," kata Nick.

Sebanyak 29,2% saham PT Bumi Resources Tbk milik Bumi Plc akan berada di grup Bakrie. Transaksi pembelian saham BUMI itu mencapai US$ 501 juta. Dana tersebut harus disediakan tunai oleh grup Bakrie.

Oleh karena itu, pembelian saham itu melibatkan pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal Tbk, Samin Tan yang juga merogoh kocek sekitar US$ 223 juta. Samin Tan telah memperoleh dana dari bank Austria Raiffesen Bank International AG untuk membeli 23,8% saham Bumi dari grup Bakrie. Sedangkan grup Bakrie merogoh kocek sekitar US$ 278 juta.

Sebelum RUPS Bumi Plc digelar, manajemen Bumi Plc melakukan perjanjian dengan Nathaniel Rotschild yang juga sempat duduk di posisi direksi Bumi Plc.

Nathaniel Rothschild dicalonkan sebagai Direktur Independen Bumi Plc. Ia pun sempat berselisih dengan grup Bakrie. Namun akhirnya iam endukung langkah grup Bakrie untuk berpisah dari Bumi Plc.

Rothschild mengatakan, prioritas pertamanya untuk melindungi kepentingan pemegang saham independen Bumi Plc. Pihaknya pun telah berdiskusi dengan Samin Tan dan Nick von Schirnding untuk bersatu sehingga memberikan nilai untuk semua pihak.

"Dengan pemikiran, cara terbaik yang saya dapat saat ini mempengaruhi Perseroan adalah untuk mencalonkan direktur dalam dewan independen agar dapat mewujudkan nilai. Saya telah melakukan diskusi dengan Samin Tan dan Nick Von Schirnding," kata Rothschild. (Ahm)

Baca juga:

Grup Bakrie Keluar, Rothschild Kembali Masuk ke Bumi Plc

Bumi Plc Desak Mantan Bos Berau Bayar US$ 173 Juta

Kapitalisasi Pasar Saham Bumi Resources Merosot

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini