Sukses

Pelindo III Hibahkan Rp 9,4 Miliar buat Lingkungan

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) telah menyalurkan dana hibah bina lingkungan sebesar Rp 9,4 miliar sepanjang 2013.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) operator pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) telah menyalurkan dana hibah bina lingkungan sebesar Rp 9,4 miliar sepanjang 2013.

Direktur Keuangan Pelindo III Wahyu Suparyono mengungkapkan, dana tersebut telah terbagi secara merata di seluruh wilayah kerja Pelindo III yang berada di tujuh provinsi di Indonesia.

“Realisasi penyaluran tahun ini hanya tercapai Rp 9,4 miliar dari anggaran kami Rp 15 miliar,” kata Wahyu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/12/2013)

Wahyu menjelaskan, mekanisme seleksi disertai dengan survei lokasi untuk mengetahui benar tidaknya keberadaan objek bantuan, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah dana hibah bina lingkungan yang disalurkan.

Secara rinci, dana hibah bina lingkungan Pelindo III yang disalurkan di tujuh provinsi terdiri dari Jawa Timur sebesar Rp 5,2 miliar, Jawa Tengah Rp1,75 miliar, Bali Rp 205 juta, Kalimantan Tengah Rp 196 juta, Kalimantan Selatan Rp 647 juta, Nusa Tenggara barat Rp 573 juta, Nusa Tenggara Timur Rp 378 juta.

Sementara itu, Senior Manager Bina Lingkungan Soegeng Hariyanto mengatakan, penyaluran dana bina lingkungan tahap ketiga Provinsi Jawa Timur diperuntukkan bagi 17 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Jumlah dana yang disalurkan sebesar Rp953 juta dengan total jumlah objek bantuan mencapai 80 objek. Delapan puluh objek itu terdiri dari 35 objek pendidikan, 44 objek tempat ibadah, serta 1 objek sarana dan prasarana umum.

“Jumlah dana hibah bina lingkungan Pelindo III sebesar Rp 9,4 miliar itu sudah termasuk dana hibah bina lingkungan tahap ketiga Provinsi Jawa Timur yang kami salurkan pada hari ini sebesar R p953 juta,” terangnya.

Selama enam tahun terakhir (2008-2013), Pelindo III telah menyalurkan dana bina lingkungan senilai Rp 57,3 miliar di tujuh propinsi di Indonesia yang menjadi wilayah kerjanya. Dana itu diperuntukkan bagi korban bencana alam, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, dan ketahanan pangan.

Dana bina lingkungan yang disalurkan Pelindo III merupakan bagian dari keuntungan perusahaan setelah pajak. Setiap tahunnya, Pelindo III menyisihkan 2% keuntungan perusahaan untuk bina lingkungan dan 2% untuk kemitraan. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini