Sukses

Jokowi: <i>Wong</i> Jakarta Uangnya Banyak

Jokowi memperkirakan anggaran APBD DKI Jakarta hingga saat ini baru terserap 70%.

Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta mengatakan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada tahun ini hanya akan mencapai 90%.

Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diketahui telah menghabiskan 70% dari anggaran yang dialokasikannya.

"Sampai hari ini 70%, tapi perkiraan saya 90% (sampai akhir tahun)," ungkap Jokowi, sapaan Joko Widodo saat menyambangi Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (23/12/2013).

Menurut Jokowi, anggaran yang dimilik Pemprov DKI Jakarta memang tergolong besar yakni mencapai Rp 50 triliun. Dari alokasi tersebut, realisasi penyerapan anggaran tahun lalu hanya mencapai 82%.

Dengan tak terserapnya APBD 2013, Jokowi memperkirakan anggaran Pemprov bakal menghasilkan Sisa Lebih Pembiayaan (SILPA) pada tahun ini. Dengan pencapaian penyerapan 70%, sisa anggaran Pemprov DKI ditaksir bisa mencapai 30%.

Kelebihan anggaran tersebut dipicu upaya efisiensi yang dilakukan Pemprov DKI. Selain itu, adanya perencanaan yang lebih baik membuat APBD tahun ini bisa berlebih.

"Wong Jakarta uangnya banyak," ujar Jokowi. (Fik/Shd)

Baca Juga:

Serapan APBD DKI 2013 Rendah, Ahok: Dinas Sudah Nyerah

Ekonomi Dunia Masih Labil, Belanja Pemerintah Jadi Andalan 2014

Presiden SBY Resmi Serahkan DIPA 2014 ke Gubernur se-Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini