Sukses

Mega Proyek Giant Sea Wall Mulai Dibangun Tahun Depan

Pembangunan proyek tanggul raksasa atau Giant Sea Wall di bagian utara Jakarta rencananya akan mulai direalisasikan pada tahun depan.

Pembangunan proyek tanggul raksasa atau Giant Sea Wall di bagian utara Jakarta rencananya akan mulai direalisasikan pada tahun depan. Proyek ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar US$ 54 miliar atau sekitar Rp 600 triliun.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Dedy S Priatna menjelaskan, dana tersebut antara lain digunakan untuk pembangunan tanggul A sebesar Rp 17 triliun, tanggul B sebesar US$ 6,5 miliar, tanggul C atau tanggul timur Rp 20 triliun.

Selain itu untuk biaya reklamasi Rp 220 triliun, transportasi seperti kereta dan jalan tol sebesar Rp120 triliun, dan sanitasi Rp 144 triliun. "Dana ini bisa hampir 100% berasal dari swasta," ujarnya seperti ditulis Rabu (25/12/2013).

Rencananya, proyek ini akan dilaksanakan menjadi dua tahap. Pada tahap pertama dimulai dari Tanggul A dan Tanggul B yang akan dilaksanakan pada 2014 sampai 2017. Sedangkan untuk tahap kedua akan dilakukan Tanggul C atau Tanggul Timur dapat dikerjakan mulai 2018 sampai 2025.

Kawasan dengan luas tanah 5.500 hektar (ha) ini nantinya akan mampu menampung sekitar 1,8 juta penduduk, dapat menyerapa tenaga kerja 2,6 orang. Dari luas tanah yang ada, 45%-nya akan dibangun yang didalamnya terdapat lokasi perumahan dengan luas 14,1 juta meter persegi.

"Jadi ini akan menjadi perkotaan baru di wilayah Jakarta Utara dengan berbagai macam pembangunan dan perumahan disana," jelas dia.

Mega proyek dengan bentuk menyerupai burung garuda ini, selain dapat dijadikan sebagai kawasan multifungsi, juga diharapkan mampu menjadi tanggul yang dapat membantu mengatasi permasalahn banjir di ibukota.

Kapasitas tanggul di kawasan ini diperkirakan akan mencapai 1,2 miliar kubik. Jumlah ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan salah satu waduk terbesar di Indonesia, yaitu Waduk Jatiluhur yang terletak di Jawa Barat. (Dny/Nrm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini